Pecinta tahu kian dimanjakan dengan maraknya berbagai jenis tahu yang beredar di pasaran. Kini para penggemar tahu bisa berburu tahu susu dari Bandung atau yang lebih dikenal dengan Tahu Susu Lembang. Tahu yang satu ini dikenal dan disukai oleh banyak orang karena teksturnya lembut, rasanya gurih, kaya nutrisi dan aman dikonsumsi.

Selama ini tahu siap makan yang banyak dijual di pasaran sudah beragam. Sebut saja Tahu Bulat, Tahu Kalasam, Tahu Isi, Tahu Gejrot, Tahu Aci, dan Tahu Jeletot atau tahu isi pedas. Tahu Susu Lembang hadir dengan keunikan sendiri. Tahu ini dalam proses pembuatannya, ditambahkan dengan susu dan mentega.

Beragam Bentuk dan Rasa

Tahu Susu Lembang mempunyai berbagai variasi yang enak dan unik. Ada tahu berbentuk kotak, tahu panjang dan ada juga tahu kasur. Untuk rasa, selain tahu susu yang gurih, ada juga rasa pedas, rasa keju dan rasa barbeque.

Bahan pembuatan tahu susu adalah kacang kedelai, susu sapi, mentega, bawang putih, kunyit, garam, air dan bahan perasa lain. Keistimewaan Tahu Susu Lembang adalah tekstur tahu yang sangat lembut dan akan tetap lembut setelah digoreng sekalipun. Rasa tahu ini pun lebih enak dan gurih sehingga orang tua hingga batita pun menyukainya.

Diproduksi di Lembang

Daerah Lembang merupakan kawasan dataran tinggi di Bandung dan selama ini sudah terkenal dengan tempat tujuan wisata dan sebagai penghasil susu sapi berkualitas. Lembang dengan udaranya yang dingin dan tanahnya yang subur menjadi tempat yang cocok untuk mengembangbiakan sapi. Dengan berlimpahnya susu sapi, kini telah dihasilkan varian produk dari susu sapi diantaranya adalah susu murni, yoghurt, permen susu, dodol susu, kerupuk susu dan rempeyek susu.

Melihat potensi dari susu sapi di Lembang, menimbulkan inspirasi bagi Ferry Kristianto yang ingin mengembangkan olahan produk susu. Pilihan jatuh kepada tahu karena sudah dikenal dengan luas di masyarakat sehingga memudahkan diserap oleh pasar. Akhir Desember 2008, Tahu Susu Lembang berdiri dan kini menempati area kurang lebih 2 Ha di Lembang.

Selain menjual tahu susu, ditempat ini menjadi wahana rekreasi keluarga dengan berbagai fasilitas. Di sini pun dijual berbagai makanan tradisional. Ingin melihat langsung ke pabrik tahu? Boleh saja. Pengunjung bisa menyaksikan proses pembuatan tahu mulai dari awal hingga pengepakan.

Tahu Susu Lembang kini sudah mempekerjakan karyawan sekitar 70 orang. Untuk produksi perhari bisa mencapai 20 kali. Tak heran jika omzet yang lumayan diperoleh Tahu Susu Lembang yakni bisa mencapai 150 juta.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?55948

Untuk melihat artikel Unik lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
______________________________________________________

Supported by :