Peringatan Hari Bumi (Earth Day) menggerakan banyak pihak untuk berperan serta melestarikan alam dengan merawatnya. Seharusnya menjaga lingkungan tidak hanya muncul saat di Hari Bumi saja yang biasa diperingati pada tanggal 22 April, tapi masyarakat harus sadar akan pentingnya merewat lingkungan untuk kehidupan dimasa yang akan datang.

Hari Bumi tahun ini disambut baik oleh Konsulat Amerika Serikat untuk Sumatera, Khatryn Crockart, yang ikut terjun langsung melakukan gerakan bersih di bantaran sungai di Medan Selayang, Sumatera Utara. Di dampingi Pemerintah Kota Medan, Khatryn merasa kesadaran akan pentingnya melestarikan bumi harus dipupuk dari sekarang agar bermanfaat bagi generasi sekarang dan yang akan datang.

Di Tahun 2013 ini Hari bumi bertemakan ‘The Face of Climate Change’ atau wajah perubahan iklim yang menggarisbawahi akibat dari perubahan iklim bagi kehidupan, baik itu, hewan, ekosistem dan masyarakat pada umumnya serta fokus pada aksi individual. Itulah asalan kenapa Khatryn bersama masarakat Kecamatan Medan Selayang dan aparat TNI bergoyong royong membersihkan bantaran sungai dan melestarikan lingkungannya.

“Kegiatan ini melibatkan ratusan masyarakat warga Kecamatan Selayan dan aparat TNI, kami bersama-sama membersihkan area pinggir sungai. Kegiatan ini bermanfaat untuk meningkatkan kesadaran akan pentinnya kebersihan ekosistem sungat yang turut mempengaruhi perubahan iklim” papar Khatryn.

Wali Kota Medan Rahudman Harapap mengapresiasi gagasan yang diberikan Konsulat Amerika itu, karena menurutnya secara tidak langsung kegiatan tersebut memberikan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar.  Menurutnya, masyarakat juga berperan besar dalam menjaga alam, salah satunya tidak membuang sampah sembarangan, terlebih mencemari sungai.

Rahudman ingin menumbuhkan peran serta masyarakat, untuk itu gotong-royong lingkungan harus terus dibudayakan. “Gotong-royong membersihkan sampah di lingkungan masing-masing terus dibudayakan. Kalau bukan kita, siapa lagi yang akan menjaga dan melestarikan lingkungan kita ini” katanya.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?55187

Untuk melihat artikel Khusus lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :