Foto-foto New Bay Bridge East Span Oleh Martin Chandrawinata 11 Maret  – 31 Mei 2013

Martin Chandrawinata terlibat dalam berbagai aspek Self-Anchored Suspension Span (jembatan gantung yang terentang dengan satu tower) di New Bay Bridge East Span (Jembatan Gantung Timur New Bay) di Amerika sejak bulan Januari 2007. Secara teratur, ia memotret setiap sisi perkembangan konstruksi jembatan sebagai laporan mingguan. Dengan menggunakan kamera digital Canon 5D Mark II, Martin memotret struktur setiap sudut, dari puncak menara hingga ke bagian dalam perut deck, dari dini hari sampai senja. Dalam laman ini ditampilkan pilihan koleksi dari lebih 20.000 gambar yang telah diambilnya selama beberapa tahun terakhir.

Sebuah Pengantar

Saya ingat pernah membisikkan sebuah doa sederhana, “Tuhan, jika Engkau mengizinkan, saya ingin membangun jembatan seperti ini satu hari.” Saat itu adalah pagi yang indah di bulan Juni 1996 di Treasure Island. Ingatan saat melihat Jembatan Golden Gate untuk pertama kalinya, dengan sinar matahari yang menyinari menara, tetap terbayang jelas. Sebagai siswa internasional yang berasal dari Indonesia dan kuliah di University of Alabama di Birmingham, saya memutuskan untuk mengambil jurusan Teknik Sipil. Saya dengan bersemangat berharap, satu hari nanti, akan membangun jembatan.

Setelah lulus kuliah di bulan Juni 1998, saya pindah ke San Francisco Bay Area (Treasure Island!) untuk bekerja dan melanjutkan program master di Teknik dan Manajemen Proyek UC Berkeley. Satu dekade kemudian, pada bulan Juni 2006, impian saya menjadi kenyataan ketika menerima tawaran dari sebuah perusahaan konstruksi untuk bergabung dengan Caltrans dan bekerja pada Self-Anchored Suspension (SAS) untuk New Bay Bridge East Span.

Saya bekerja dalam proyek ini sejak Januari 2007 dan karena tinggal di Treasure Island, saya bercanda dengan teman-teman bahwa saya membangun jembatan ke rumahku sendiri. Saya merasa bergairah dengan pembangunan jembatan ini, dan saya suka mengambil foto-fotonya.

Fotografi

Ketertarikan saya dalam dunia fotografi dimulai sejak tahun pertama di perguruan tinggi ketika saya mencetak foto di kamar gelap untuk kebutuhan Kaleidoscope, sebuah koran Universitas. Saya membeli kamera SLR pertama, Pentax P30, dan mulai mengambil foto-foto kegiatan di sekitar kampus untuk Kaleidoscope. Saya terus mengembangkan hobi ini untuk pertama, kedua dan ketiga pada pekerjaan saat saya lulus dari kuliah.

Saya mendokumentasikan perkembangan pembangunan AirTrain di San Francisco International Airport (selesai pada 2003), St Regis Tower Museum di San Francisco (selesai pada 2005), dan sekarang Jembatan SAS (akan selesai pada tahun 2013). Saya menyadari bahwa konstruksi dan fotografi saling melengkapi – seperti selai kacang dan jeli. Saya menikmati saat-saat menonton para kru konstruksi bekerja keras siang dan malam. Dengan senang hati, saya mengambil gambar mereka dengan rompi pengaman cerahnya dan topi berdebu mereka.

Sebagai seorang ayah dari seorang putri yang berusia satu tahun, saya sering menggambarkan  bahwa pekerjaan saya mirip dengan orang tua yang menonton bayi mereka tumbuh, menikah, dan akhirnya memiliki keluarga sendiri. Selama proses tersebut, saya tidak ingin melewatkan momen-momen penting. Saya ingin berada di sana ketika ia pertama kali mulai berjalan, saat dia menangis dan tertawa. Berbekal keinginan ini, saya bertekad untuk berada di sana dan menangkap momen dan semua tonggak penting, bahkan tanpa diminta.

Saya menaiki jalan sempit ke puncak menara dan masuk ke dalam isi deck untuk mengabadikan semua aspek perkembangan jembatan. Jadi, Anda akan melihat foto deck OBG didirikan di dini hari sebelum matahari terbit atau tugu menara didirikan larut malam karena saat itulah hal itu terjadi.

Mengenai kamera yang digunakan, saya membeli kamera digital SLR pertama saya, Canon 10D pada tahun 2004, dan mengganti kamera ini dengan Canon 5D Mark II tahun 2008 untuk mengambil foto pembangunan Jembatan Teluk. Saya telah menggunakan kamera ini untuk mengumpulkan kira-kira lebih dari 20.000 foto dari fabrikasi dan konstruksi SAS hingga kini.

Akhir Kata

Peran saya dalam proyek ini terutama untuk meninjau submittals kontraktor, permintaan informasi, inspeksi, dan semua item yang berhubungan dengan bagian mekanik dan listrik dari proyek ini. Namun, saya memiliki hak istimewa dengan diberi kesempatan untuk menyalurkan bakat saya dalam fotografi sambil mendokumentasikan kemajuan pembangunan dan membuat laporan foto mingguan juga.

Saya sangat berterima kasih dapat bergabung dalam sebuah proyek luar biasa dan menyaksikan pembangunan jembatan ini. Mulai dari awal dan fabrikasi di fasilitas ZPMC di Shanghai hingga sekarang saat jembatan ini mulai terbangun hingga selesai. Tak berapa lama lagi, jembatan itu akan dilalui para pengendara yang melintasi jembatan gantung disertai kekaguman mereka atas keindahan, kekokohan dan keamanannya.

Sama seperti saat pemuda itu melihat Jembatan Golden Gate untuk pertama kalinya pada tahun 1996, saya berharap jembatan dan gambar-gambar konstruksi ini akan menginspirasi para insinyur muda untuk bermimpi besar, bekerja dan belajar dengan keras. Saat melihat gambar konstruksi beberapa tahun ke depan akan membawa kembali kenangan yang indah bagi orang-orang yang membangunnya. Hal ini tentu akan sangat bermanfaat, sebuah pengalaman tak terlupakan, sekali dalam seumur hidup. (Artikel ditulis oleh Martin Chandrawinata)

Untuk Share Artikel ini, Silakan Klik www.KabariNews.com/?55157

Untuk melihat artikel Amerika / Hobby lainnya, Klik di sini

Mohon Beri Nilai dan Komentar di bawah Artikel ini

______________________________________________________

Supported by :