1. Pelaksanaan Ujian Nasional tingkat SMA minggu lalu sempat diwarnai beberapa masalah karena keterlambatan lembar soal yang mengakibatkan tertundanya pelaksanaan UN dibeberapa provinsi. Senin (22/4) pelaksanaan UN digelar untuk siswa SMP/MTS seluruh Indonesia. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh mengatakan pelaksanaan UN berjalan lancar. Sebanyak 3.717.498 siswa SMP/MTS melaksanakan UN secara serempak.
  2. Indonesia tak hanya sukses menjadi tuan rumah dalam ajang Internatioanl Conference of Youth Scientist (ICYS)  yang digelar di Sanur, Denpasar, Bali (20/4). Mariska Grace dan Melody Grace Natalie, dua ‘ilmuwan muda’ berhasil meraih emas dalam ajang internasioal yang diikuti banyak negara. Mariska menjadi yang terbaik dalam kategori Enviromental Science dengan karya ilmiahnya yang berjudul a Novel Approach in Using Peanut Shell to Elliminate Content in Water. Gadis ini berhasil memanfaatkan kulit kacang untuk mengurangi kadar ion tembaga di dalam air. Sementara Melody unggul di bidang Life Science, ia berhasil menciptakan karya ilmiah yang memanfaatkan mata cumi untuk melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet. Melody mempersembahkan penemuannya ini untuk dibuat sanblock bagi para para nelayan agar terhindar dari kanker kulit.
  3. Dua pelaku bom Boston berhasil dibekuk. Seorang pelaku tewas dan satu lagi terluka parah. Tersangka terluka  bernama Dzhokhar A Tsarnaev kini sedang ditangani tim medis untuk mengungkap motif pemboman yang terjadi di ajang marathon Boston.  Bersama kakaknya Tamerland Tsarneav ia meledakkan dua bom di Boston’s Marathon Senin pekan lalu, yang menewaskan 3 orang dan 170 orang terluka. Hingga kini belum diketahui motif penyerangan mematikan tersebut.
  4. Tersangka pelaku pengeboman Marathon Boston, Dzokhar Tarnaev  didakwa dengan tuduhan konspirasi menggunakan senjata pemusnah massal. Beberapa parlemen dari Partai Republik telah meminta Presiden Obama untuk mengajukan Dzhokhar  ke peradilan musuh negara, namun tersangka tetap diajukan diadili dalam peradilan sipil. Ancamannya terberatnya Dzhokhar dapat divonis hukuman mati. Hingga kini Dzokhar masih dalam perawatan intensif di Rumah Sakit Beth Israel di Boston. Kondisinya masih serius namun stabil karena sudah bisa diajak komunikasi meski hanya menjawab pertanyaan dengan menulis.
  5. Tak hanya mengurusi macet, banjir dan solusi untuk kemajuan Jakarta, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau yang biasa disapa Ahok juga perduli dengan para perempuan korban kekerasan. Dalam waktu dekat ini Ahok rencananya akan menyiapkan draft peraturan daerah (perda) untuk mencegah adanya Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT). Dalam perda ini Ahok melibatkan Komnas Perempuan agar bisa menerapkan idenya. Program tentang perlindungan perempuan tengah disinergikan di Biro Sosial, karena itu Ahok meminta Komnas Perempuan melakukan sinkronisasi apa yang telah direalisasikan oleh Pemprov dalam program perlindungan kaum hawa.
  6. Menteri BUMN mendapat kehormatan karena didaulat menjadi Duta Kopi oleh Bupati Bone Bolanggo Hamim Pou saat berkunjung ke Desa Toluaya, Kecamatan Bulango Timur, Kabupaten Bone Bolango Provinsi Sulawesi Selatan. Dahlan dianggap layak menjadi Duta Kopi Pinogu, karena dinilai dapat turut membantu dan memperkenalkan kopi organik yang berasal dari Kecamatan Pinogu Kabupaten Bone Bolang. Menanggapi hal tersebut Dahlan mengaku siap membantu pengembangan sejumlah sektor penting di Kabupaten Bone Bolango.
  7. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menerbangkan tim penyidik ke Washington DC, Amerika Serikat untuk memeriksa mantan Menteri Keuangan Sri Mulyani terkait kasus Bank Century. Tim penyidik akan berada di Amerika selama 3 hari. Proses ini dilakukan untuk mempercepat proses penyidikan, pasalnya Sri Mulyani tinggal di Amerika dan bekerja di bank dunia. Rencananya mantan Menkeu akan diperiksa di KBRI Washington DC.
  8. Karena terlalu rumit, Wakil Gubernur DKI Jakarta memutuskan untuk menghentikan proses pinjaman ke Bank Dunia. Rencana peminjaman dana dari Bank Dunia akan digunakan untuk program pengerukan sungai melalui program JEDI (Jakarta Emergency Dredging Initiative) yang merupakan warisan mantan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo. Kata Ahok, Pemprov DKI telah mengirimkan surat kepada Kementerian PU, dimana isi suratnya tertulis penghentian rencana pinjaman ke Bank Dunia.  Keputusan itu dikarenakan Pemprov DKI mencoba untuk mandiri dengan tidak meminjam dana dari berbagai instasi, apalagi dengan peraturan pinjam meminjam yang rumit dan berbelit-belit.
  9. Penembakan kembali terjadi di Amerika Serikat. Kali ini insiden terjadi di Seattle, negara bagian Washington, yang menewaskan lima orang termasuk si penembak. insiden ini terjadi pada Minggu malam waktu setempat di sebuah komplek apartemen Federal Way, wilayah selatan Seattle. Dalam penyisiran lokasi, polisi menemukan satu mayat lainnya di tempat parkir. Saat menggeledah komplek apartemen, polisi menemukan seorang mayat pria di dalam kamar dan mayat perempuan ditemukan di unit apartemen lain. Belum diketahui penyebab penembakan dan motifnya. Insiden penembakan ini menambah panjang daftar korban akibat senjata api di Amerika.
  10. Setelah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan, Irjen Djoko Susilo mantan Korlantas Polri menjalani sidang perdananya. Sidangnya jadi sejarah di Tanah Air, pasalnya Irjen Djoko merupakan jenderal polri aktif pertama yang dijebloskan ke penjara karena kasus korupsi. Irjen Djoko menghadapi dakwaan kasus korupsi Simulator SIM dan pencucian uang.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?55148

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :