1. Hujan deras terjadi di daerah Kabupaten Bogor, Jawa Barat yang menyebabkan tanah longsor di KecamatanTenjolaya dan Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor pada Selasa, pukul 02.00. Longsor menyebabkan 1 rumah rusak berat, 4 rumah rusak sedang dan 1 rusak ringan. Musibah ini menambah daftar tanah longsor yang terjadi di Indonesia sejak 1 Januari 2013, hingga sekarang terjadi 53 kejadian tanah longsor. Sebanyak 83 orang meninggal, 95 jiwa mengungsi dan 245 unit rumah rusak. Bencana longsor juga terjadi di Kampung Nagrog, Desa Makapayung, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat (25/3). Sedikitnya 10 rumah rusak dan 17 orang tertimbun longsor. 8 orang diantaranya sudah ditemukan dalam keadaan tewas, sedangkan sisanya masih dalam pencarian.
  2. Bencana banjir kembali diamali Indonesia. kali ini banjir bandang terjadi di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Utara. Banjir menenggelamkan 150 rumah dan sekitar 100 hektar sawah. Selain Tanjung Raya, banjir bandang juga terjadi di Negeri Salareh Aie, Kecamatan Palambayan.
  3. Penyerangan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cebongan, Sleman, Yogyakarta menambah daftar aksi teror yang dilakukan oleh sekelompok orang bersenjata. Para pengamat mengatakan saat ini Indonesia dalam bahaya teror pasukan siluman bersenjata api yang setiap saat bisa mencabut nyawa orang-orang tertentu. Sebelumnya ada dua kasus yang belum terungkap, yaitu penyerangan yang terjadi di Jakarta April 2012 lalu, disebut-sebut sebagai geng motor pita kuning yang merusak sedikitnya 8 tempat di Jakarta Utara dan Jakarta Pusat, termasuk Polsek Tanjung Priok, 2 orang meninggal dan belasan lainnya mengalami luka. Kedua, pada 21 Februari 2013 lalu yang menewaskan delapan TNI dan 1 sipil di Papua. Semua kasus tersebut masih belum terungkap.
  4. Senin (25/3) Majelis Kedaulatan Rakyat Indonesia (MKRI) berunjuk rasa di depan kantor Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI). Mereka menuntut Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakilnya Boediono untuk turun dari jabatannya. MKRI menilai pemerintahan SBY-Boediono tidak lagi berpihak pada rakyat. MKRI juga menganggap SBY-Boediono sudah tidak mampu lagi menyelesaikan dua kasus besar, yakni kasus Bank Century dan kasus korupsi Hambalang. Selain menggelar orasi, MKRI juga mengadakan bakti sosial dengan membagi-bagikan sembako kepada masyarakat. Sebelumya MKRI berencana menggelar unjuk rasa besar-besaran untuk melakukan kudeta sipil terhadap pemerintah, namun rencana tersebut dibatalkan.
  5. Solidaritas mahasiswa peduli rakyat Papua dan lembaga monitoring advokasi dan HAM Indonesia, Senin kemarin menggelar unjuk rasa di depan Monumen Mandala pembebasan Irian Barat, Jalan Jenderal Sudirman, Makassar.  Mereka menuntut Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakilnya Boediono untuk turun dari jabatan. Aksi yang dikoordinasi Thomas C ini menggunakan sejumlah atribut ciri khas Papua dan memasang spanduk putih bertuliskan ‘Rebut kembali kemerdekaan Papua dan jadikan Papua kembali bermartabat’. Tak hanya menggelar orasi, para penggujuk rasa juga menyoroti kejahatan kemanusiaan yang terus terjadi di Papua sejak 1963. Ada dua pilihan yang mereka ajukan, jika SBY-Boediono tidak lengser, maka Papua merdeka, itu pilihannya.
  6. Demo masyarakat menentang penarikan Kereta Rel Listrik (KRL) Ekonomi, tak bakal mengubah keputusan PT KAI Daerah Operasi 1 Jakarta yang memberhentikan operasional KRL EKonomi. Kepala Humas PT KAI Daerah Operasi Jakarta, Agus Sutijono menegaskan, Kereta KRL Ekonomi sudah harus diberhentikan operasionalnya dan diganti dengan KRL Commuterline, karena sudah tidak layak jalan dan membahayakan masyarakat. Kereta KRL Ekonomi berhentikan operasionalnya sejak 18 Februari 2013.
  7. Presiden turut angkat bicara atas insiden peyerangan dan penembakan yang terjadi di Lapas Cebongan, Sleman, Yogyakarta. Presiden meminta siapapun pelaku kekerasan segera diusut dan ditemukan. Bahkan siapapun pelakunya akan mendapatkan ganjaran hukum di pengadilan.
  8. Pemerintah akan segera membatasi pemakaian bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi bagi kendaraan pribadi. Rencananya pembatasan BBM bersubsidi akan dilakukan mulai Juli 2013. Tahap awal, pembatasan baru akan diberlakukan di Jakarta, pasalnya wilayah ini tercatat sebagai daerah dengan konsumsi BBM bersubsidi terbesar hingga 80 persen. Nantinya akan ada lima ribuan SPBU yang dipasang sistem monitoring pengendalian BBM bersubsidi. Pertamina akan bekerjasama dengan kepolisian untuk mendata masing-masing kendaraan.
  9. Kekerasan terhadap wartawan kembali terjadi. Sejumlah massa yang mengatasnamakan simpatisan dari calon walikota Adhan Dhambea melakukan penganiayaan dan pengancaman terhadap sejumlah wartawan TVRI, Gorontalo. Mereka memprotes pemberitaan TVRI, yang mengutip Ketua Panwaslu Gorontalo terkait keputusan PTUN mengenai keabsahan pencalonan pasangan Adhan- Indarwanto Hassan. Tak hanya wartawan TVRI saja yang menjadi korban, sejumlah wartawan dari berbagai media yang sedang meliput pendudukan Stasiun TVRI pun diancam dan dianiaya. Peristiwa ini langsung di kecam oleh Ketua Aliansi Jurnalis (AJI) Gorontalo, Syamsul Huda M. Suhari. Saat ini kasus tengah ditangani dan diselidiki pihak berwajib.
  10. Bawang putih masih naik daun, setelah hampir sebulan menjadi bahan perbincangan masyarakat karena harganya yang melonjak tinggi hingga Rp 100.000 per kg, kini banyak pedagang mengeluh karena pasokan bawang putih mulai langka dipasaran setelah harganya mulai turun. Bumbu dapur sangat penting karena banyak digunakan untuk memasak, pasalnya hampir semua masakan Indonesia menggunakan bawang putih sebagai bumbunya. Belum selesai dengan naik dan hilangnya bawang putih, kini cabai merah pun mulai merangkak naik. Cabai juga merupakan bumbu dapur yang banyak digunakan masyarakat. Harga cabai saat ini dipasaran berkisar Rp 45.000 – Rp 50.000 per kg.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?54201

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :