Jakarta sudah empat kali menggelar Kampanye Earth Hour. Tahun ini menjadi tahun ke lima Jakarta mendukung pelaksanaan Earth Hour dengan memadamkan listrik dibeberapa titik Jakarta selama 60 menit.

Sabtu (23/3) besok, mulai pukul 20.30-21.30 ada delapan titik di Jakarta yang akan dipadamkan. Delapan titik yang telah dipastikan antara lain Gedung Balaikota Jakarta, Monumen Nasional (Monas), dan air mancurnya, Bundaran Hotel Indonesia dan air mancurnya, air mancur Arjuna Wiwaha, patung Pemuda, lampu di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman- Jalan MH Thamrin, lampu di sepanjang Jalan Gatot Subroto- Jalan HR Rasuna Said, serta lampu papan reklame milik Pemprov DKI Jakarta.

Hal tersebut disampaikan Direktur Program Iklim dan Energi WWF Indonesia, Nyoman Iswayoga. Ia juga menghimbau kepada seluruh masyarakat agar ikut serta dalam kampanye hemat listrik tersebut.

“Di tahun kelima penyelenggaraannya di Indonesia, WWF-Indonesia mengajak publik untuk tetap berpartisipasi mematikan lampu dan peralatan listrik yang tidak sedang dipakai selama satu jam pada hari Sabtu,” kata Nyoman, di Jakarta.

Untuk menyukseskan kampanye ini, Pemprov DKI Jakarta juga telah mengedarkan surat imbauan kepada pemilik atau pengelola gedung-gedung di sekitar MH Thamrin, Jenderal Sudirman, Jalan Gatot Subroto dan jalan RH Rasuna Said untuk berpartisipasi. Tidak hanya Jakarta yang perduli, karena program tahunan ini sudah menjadi kampanye lingkungan hidup terbesar dalam sejarah dan hampir diikuti seluruh negara di dunia. Tahun 2012 lalu, kampanye Earth Hour didukung lebih dari 7.001 kota dari 152 negara demi mengurangi pemansan global dan perubahan iklim.

Tahun 2009 adalah awal pertama Indonesia turut serta dalam pelaksanaan kampanye Earth Hour. Di tahun ini kota-kota besar di Indonesia turut menyukseskan. Ada 30 kota di Indonesia turut melakukan pemadaman listrik selama 60 menit, diantaranya adalah Banda Aceh, Medan, Pekanbaru, Bandung, Cimahi, Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Kota Baru, Sidoarjo, Kediri, Gresik, Lamongan, Bojonegoro, Denpasar, Pontianak, Palangkaraya, Banjarmasin, Balikpapan, Samarinda, Sangatta, Tarakan, Kotamobagu, Sorowako, dan Makassar.

Untuk mengurangi pemanasan global dan perubahan iklim, kita semua diminta untuk turut mensukseskan kampanye Earth Hour demi bumi kita tercinta dengan memadamkan listrik selama 1 jam.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?53985

Untuk melihat artikel Khusus lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :