Tahukah Anda dengan kesenian daerah Temanggung, Jawa Tengah? Kuda lumping merupakan salah satu kesenian yang hanya dimiliki Indonesia. Kabar gembiranya, dalam waktu dekat ini kesenian kuda lumping akan dilibatkan dalam misis perdamaian pasukan PBB ke Sudan.
Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, dan Olahraga Kabupaten Temanggung Bekti Prijono beberapa waktu lalu. Ia mengatakan pada tahun ini, sejumlah personel TNI asal Kodim 0706 Temanggung akan diberangkatkan sebagai kontingen perdamaian PBB untuk Konga XXXV-A/Munusco. Para personel TNI selain mengembang misi perdamaian kewilayahan, mereka juga akan diangkat sebagai duta budaya dengan serta membawa dan memperkenalkan kesenian dan buaya Indonesia.

Usulan untuk membawa dan memperkenalkan kesenian kuda lumping datang dari TNI sendiri dan disambut positif oleh Bupati Temanggung Hasyim Afandi. Untuk itu pemerintah kabupaten setempat memberikan sumbangan 18 unit perlengkapan kuda lumping termasuk pakaian dan gamelan. Sebelum personil berangkat, mereka pun dibekali pelatihan tarian dan atraksi kuda lumping.

Dengan dikirimkannya beberapa personel TNI ke Sudan, selain menjadi pasukan misi perdamaian, upaya untuk memperkenalkan budaya bangsa, diharapkan turut berkontribusi menciptakan perdamaian dunia.

Kuda Lumping

Kuda lumping atau bisa juga disebut jaran kepang atau jatilan adalah kesenian tradisional Jawa Tengah yang menampilkan sekelompok prajurit yang sedang menunggang kuda. Tarian ini menggunakan kuda yang terbuat dari bambu yang dianyam menyerupai bentuk kuda. Anyaman kuda ini dihias dengan car dan kain beraneka warna. Tarian kuda lumping bisanya hanya menampilkan adegan prajurit berkuda, akan tetapi beberapa penampilan kuda lumping juga menyuguhkan atraksi kesurupan ( kemasukan arwah), kekebalan dan berkekuatan magis, seperti atraksi makan beling dan kebal terhadap sabetan pecut.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?53776

Untuk melihat artikel Khusus lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :