Flu, batuk dan bersin-bersin cepat menular ketika kondisi tubuh sedang kurang fit. Cuaca yang tidak menentu memang sering kali menimbulkan penyakit, untuk itu stamina harus tetap dijaga agar tidak mudah diserang penyakit. Bentengi diri Anda dengan minum vitamin juga menjaga kebersihan. Tapi jika sudah terlanjur terkena, sebaiknya segera diatasi. Tak perlu mahal, hanya dengan bumbu dapur yaitu jahe.

Pengobatan dengan jahe juga dapat digunakan untuk menyembuhkan beberapa penyakit ringan. Jika Anda flu, demam dan punya masalah dengan pencernaan, sakit tenggorokan tidak ada salahnya mencoba pengobatan alternatif ini, murah dan mudah dicoba di rumah.

Teh Jahe

Jahe bisa diolah menjadi teh untuk mengobati sakit  tenggorokan sekaligus untuk mencegah infeksi tenggorokan akibat batuk kering dan gatal. Caranya mudah, Anda hanya perlu menyeduh teh dengan air panas, lalu tambahkan satu ruas jahe yang sudah dimemarkan. Biarkan tercampur baru kemudian diminum. Teh jahe juga bisa dimanfaatkan untuk meredakan sakit kepala.

Jahe dan madu

Resep lain yang efektif untuk flu adalah jahe dan madu. Cara membuatnya gampang sekali, ambil sepotong jahe, kunyah dengan sesendok madu. Resep ini akan membantu meredakan batuk dan flu. Bahkan, resep ini solusi cepat untuk batuk.

Kunyah jahe mentah

Jika Anda merasa mual dan hidung tersumbat, cepat kunyah satu ruas jahe. Cara ini dapat segera meredakan rasa mual dan napas pun menjadi lega. Jika tidak ingin menelannya, bisa juga dijadikan seperti permen (diemut), mual pun akan segera hilang, dan napas pun kembali lega.

Seduhan jahe

Tak hanya efektif untuk  mengatasi batuk, jahe juga dapat mengatasi masalah menstruasi. Biasanya perempuan kerap merasakan keram saat menstruasi. Hal ini sangat menyakitkan dan mengganggu aktivitas. Untuk mengatasinya, rebus satu ruas jahe ke dalam air selama 15 menit. Setelah hangat, langsunglah minum. Nyeri haid pun tidak akan terasa lagi.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?53407

Untuk melihat artikel Kesehatan lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

____________________________________________________

Supported by :