Sudah pernah makan belut sebelumnya?

Belut merupakan binatang air yang biasa hidup di sawah atau dilahan yang berlumpur. Bentuknya hampir mirip seperti ular, hanya saja belut tidak bersisik dan tidak berbahaya. Sebagian orang merasa aneh dan jijik untuk memakannya, tapi siapa mengira ternyata belut merupakan sumber protein yang baik bagi tubuh. Tak hanya menyehatkan, belut terkenal enak dan gurih, coba satu pasti ketagihan.

Belut yang sudah dibumbui dan digoreng rasanya gurih, garing dan enak. Bukan saja citarasanya yang enak, belut juga punya keunggulan lain yaitu kaya akan vitamin dan bergizi tinggi. Di negara lain mungkin belut tak lazim dimakan, tapi di Indonesia harga belut cukup bersaing, karena terkenal enak dan bermanfaat untuk kesehatan.

Kandungan zat glutamate membuat belut terasa gurih dan renyah. Di dalam belut juga tersimpan asam amino esensial seperti lisin, isoleusin, leusin, dan glutamate.  Kandungan isoleusin dipercaya dapat menutrisi otak juga membantu proses tumbuh kembang anak. Belut dilengkapi dengan banyak vitamin seperti fosfor, vitamin A dan vitamin B yang tentunya menguntungkan tubuh.

Fosfor sendiri sangat diperlukan oleh tulang, dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung fosfor mampu mengurangi risiko osteoporosis.  Sementara vitamin A di dalamnya mampu mencapai 1.600 SI per 100 gram, itu juga alasannya belut sangat baik dikonsumsi untuk memelihara sel epitel. Vitamin A dalam belut juga sangat diperlukan tubuh untuk pertumbuhan, pengelihatan dan reproduksi.

Sedangkan vitamin B sangat baik untuk pembentukan otak, sel darah merah dan pembentukan hormone. Karena memiliki kandungan yang baik bagi otak, maka tak jarang para orangtua membiasakan anaknya mengkonsumsi belut. Namun perlu diingat belut juga mengandung lemak tinggi, jadi tetap harus waspada karena dimasukkan dalam deretan makanan berkolesterol.

Keripik belut

Penasaran ingin coba belut?

Kota di Jawa Tengah menjajakan keripik belut sebagai salah satu oleh-oleh khas. Seperti  di Klaten, Jogja, Brebes,  merupakan beberapa kota yang turut  membudidayakan belut.  Belut dikombinasikan dengan berbagai macam bumbu, digoreng garing, ada pula yang dimasak sayur. Khusus untuk buah tangan, biasanya belut goreng tepung atau biasa dikenal keripik belut sudah dikemas di dalam plastik. Coba sekali dijamin ketagihan.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?53329

Untuk melihat artikel Kesehatan lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

____________________________________________________

Supported by :