Menjangkau daerah yang tak terjangkau dilakukan SIKIB agar masyarakat di daerah terpencil atau terluar Indonesia seperti Sorong, Papua dapat mengakses pendidikan. Salah satu sarana yang ditempuh SIKIB adalah dengan memberikan bantuan berupa Kapal Pintar (Kapin), seperti dilakukan pada medio Februari lalu.

Delapan tahun lalu Ibu Negara membentuk SIKIB (Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu—Red) yang bertujuan membantu mempercepat implementasi target Tujuan Pembangunan Milenium (MDGs) di sejumlah bidang, seperti pendidikan, kesehatan, kreativitas, pemberdayaan perempuan, kepedulian sosial, dan lingkungan. SIKIB pun merumuskan visinya ‘Menuju Indonesia Sejahtera’ dalam 5 pilar kegiatannya: Indonesia Pintar, Indonesia Sehat, Indonesia Hijau, Indonesia Peduli dan Indonesia Kreatif.

Untuk melahirkan sumber daya manusia Indonesia yang andal, pendidikan pun menjadi salah satu modal yang utama. Sayangnya, tidak semua dapat mengakses pendidikan, karena mereka tinggal di daerah terpencil dan terluar dari Indonesia.

Sesuai semangat SIKIB menjangkau yang tidak terjangkau (to reach the unreached), maka pada medio Februari lalu, di Mako Kolinlamil TNI-AL, Jakarta Utara, SIKIB menyerahkan bantuan kapal pintar (kapin), bekerja sama dengan berbagai pihak, seperti CSR (corporate community responsibility) BNI, Bank Mandiri dan PT Indofood.

“Rumah Pintar (Rumpin), Mobil Pintar (Mopin), Motor Pintar (Torpin), dan Kapin ini menjadi salah satu solusi untuk memberikan akses pendidikan bagi masyarakat di tempat terpencil,” ujar Ibu Negara. “Saya sangat gembira, kegiatan pendidikan di pilar Indonesia Pintar telah diakui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai satuan pendidikan nonformal pada 2010.”

Sampai saat ini SIKIB telah menyerahkan 150 unit Mopin, 409 unit Torpin, dan 6 unit Kapin dan Rumpin yang berjumlah 330 unit.  “Saya sangat ingin pada akhir 2014 jumlahnya dapat mencapai 500 unit, sehingga makin banyak yang dapat mengakses pendidikan,” harap Ibu Negara lagi. (Mailahana Zahra)

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?53265

Untuk melihat artikel Khusus lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :