Cuaca yang kurang bersahabat memang menjadi salah satu pemicu terkenanya influenza. Aktivitas pun jadi terhambat ketika flu mulai menyerang, tak hanya konsentrasi, kondisi tubuh yang menurun pun memaksa penderita untuk beristirahat, alhasil pekerjaan jadi tertunda.

Hampir semua orang yang mengalami gejala influenza mengeluhkan badannya sakit, bersin-bersin, tenggorokan gatal, pusing dan lemas. Penyakit influenza sangat mudah menular melalui udara. Meski istirahat dan cukup cairan adalah terapi terbaik untuk penyakit ini, pencegahan tetap yang terbaik. Melatih kekebalan tubuh akan membantu tubuh melawan virus influenza. Sebelum terkena influenza ada baiknya Anda dan keluarga mencoba membentengi diri dengan melakukan 5 langkah berikut :

Bawang putih

Memperbanyak konsumsi bawang putih dapat menjadi salah satu cara untuk mencegah serangan flu. Mudah saja, Anda hanya cukup mencampurkan lebih banyak bawang putih ke dalam sup atau bisa juga pada makanan lain. Penelitian mengungkapkan, bawang putih mampu meningkatkan sistem imun tubuh, karena itu bawang putih dianjurkan untuk pencegahan. Selain itu bawang putih juga memiliki allicilin yang bermanfaat sebagai antivirus.

Vitamin C

Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin C seperti buah-buahan. Vitamin C juga mampu meningkatkan imun dan melindungi tubuh untuk melawan infeksi juga bermanfaat melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Suplemen ginkgo biloba

Bila Anda mengkonsumsi suplemen, cobalah pilih suplemen yang mengandung ginkgo biloba. Herbal yang terkenal dari China ini juga diketahui dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Sirkulasi yang lancar akan membantu pengataran vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh, dengan begitu virus pun sulit menjangkit tubuh yang sehat.

Tiram

Anda pernah mengkonsumsi tiram? Atau mungkin Anda penggemar seafood. Ada satu keuntungan mengkonsumsi makanan hasil laut ini, pasalnya tiram memiliki kandungan zinc yang memiliki efek antivirus. Dengan mengkonsumsi makanan ini, niscaya Anda akan jarang sekali terkena flu.

Perbanyak makan sayuran

Sayuran tak hanya sehat untuk tubuh, tapi baik juga sebagai langkah untuk mencegah virus influenza. Salah satu sayuran yang dianjurkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh adalah bayam. Di dalam bayam terkandung folat yang dapat berperan memicu produksi sel-sel baru dan memperbaiki DNA. Sayuran hijau ini juga kaya vitamin C, serat dan antioksidan. Tapi perlu diingat, saat mengolahnya disarankan untuk tidak memasak bayam terlalu matang karena bisa menghilangkan kandungan penting di dalamnya. Selamat mencoba.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?53100

Untuk melihat artikel Kesehatan lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

____________________________________________________

Supported by :