Selain penyakit jantung dan kronis lainnya, kanker pun merupakan jenis penyakit yang sangat ditakuti di dunia, pasalnya penyakit Kanker merupakan salah satu penyakit mematikan. Dari banyaknya informasi mengenai penyebab kanker, banyak orang semakin sadar dan mencoba hidup sehat dengan kembali menata pola hidup sehat, seperti pola makan juga asupannya. Namun masih ada yang perlu dicermati, karena paparan zat melalui penggunaan bahan kimia di rumah tangga, dekorasi atau bahkan perlengakapan rumah tangga pun bisa memicu risiko kanker.

Saat berada di dalam rumah, mungkin banyak orang berpikir anggota keluarganya aman dan akan terbebas dari penyakit seperti kanker, karena tidak terpapar langsung sinar matahari, tidak terkena polusi udara atau terkena zat kimia berbahaya yang sebelumnya sudah mencemari lingkungan. Jangan langsung beranggapan ‘aman’, karena risiko kanker pun bisa mengancam dari dalam rumah Anda.

Debu rumah tangga yang mengandung Arsenic dan DTT perlu diwaspadai karena bisa menjadi pemicu kanker, begitu juga dengan Trichloroethylene, senyawa yang biasa digunakan untuk bahan pencuci. Zat kimia yang ada di lilin aroma terapi yang usianya sudah lama pun bisa berbahaya. Pengharum ruangan pun demikian karena bisa saja menempel pada korden, karpet, dan benda lainnya sehingga bisa saja terhirup anggota keluarga. Demi mencegah risiko yang membahayakan anggota keluarga, ada baiknya penggunaan dan pemilihan benda yang ada dirumah lebih diperhatikan. Kebersihan rumah yang selalu dijaga bisa menjadi langkah untuk mencegah penyakit mematikan.

Kanker disebabkan oleh perubahan sel DNA. Bahan genetik dan eksposur yang bisa menyebabkan kanker disebut karsinigen. Beberapa karsinogen tidak mempengaruhi DNA secara langsung, tapi bisa menyebabkan kanker dengan cara lain. Misalnya saja sel menjadi membelah lebih cepat dibandingkan normalnya sehingga meningkatkan kemungkinan perubahan DNA.

Benda-benda di rumah  yang perlu Anda waspadai sebagai sumber pemicu kanker karena mengandung karsinogen : karpet, sarung bantal, keramik, tinta permanen, sabun cuci, larutan pembersih lantai, pengharum ruangan, juga lilin aroma terapi.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?52443

Untuk melihat artikel Kesehatan lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

____________________________________________________

Supported by :