1. Musibah tanah longsor terjadi Kampung Dadok nagari Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (27/1), sebanyak 15 rumah tertimbun longsor akibat hujan deras. Sembilan orang meninggal dunia dan sudah dimakamkan secara massal, tiga orang mengalami luka-luka, sementara 10 korban dinyatakan masih hilang.
  2. Sebanyak 17 orang dibekuk Badan Narkotika Nasional (BNN) di rumah artis Raffi Ahmad. 7 orang di antaranya terbukti positif mengonsumsi narkoba. Selain Raffi, BNN juga menangkap  anggota DPR Wanda Hamidah, pasangan artis Irwansyah dan Zaskia Sungkar.  Dari lokasi penggerebekan ditemukan dua linting ganja dan beberapa kapsul ekstasi, bahkan setelah dilakukan pemeriksaan ditemukan jenis narkoba jenis baru.  Karena semakin maraknya artis yang terjaring, BNN pun diminta untuk menangkap pengedar dan bandar besar narkoba yang biasa dibeli para artis.
  3. Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono menerbitkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 Tahun 2013 tentang penanganan konflik dan keamanan. Penerbitan Inpres tersebut akan dijadikan acuan untuk kepala daerah dalam mengambil tindakan dalam mencegah potensi konflik. “Hari ini saya keluarkan Inpres Nomor 2/2013. Inti Inpres tersebut adalah intruksi saya untuk tingkatkan efektivitas penanganan gangguan keamanan di seluruh tanah air,” kata SBY di Jakarta. Dengan diterbitkannya Inpres tersebut SBY berharap dapat membuat situasi keamanan dalam negeri kondusif khususnya di daerah.
  4. Banjir yang mengenangi Jakarta telah surut, namun musibah serupa justru kini dialami warga Sukabumi. Sekitar 250 rumah warga di Kampung Bojong, Soban, Tasikmalaya terendam banjir akibat sebuah tanggul Sungai Cikadang jebol pada Minggu (27/1) malam. Tanggul Cikadang merupakan anak sungai Citanduy yang jaraknya puluhan meter dari wilayah perkampungan. Air sungai meluap akibat curah hujan tinggi yang terjadi di wilayah tersebut. Selain rumah warga, kandang ternak dan sawah seluas 80 hektar milik warga pun mengalami gagal panen.
  5. Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, berencana menggelar Festival Surfing tingkat Asia di Selatan Pulau Sipora pada pertengahan April 2013. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kepulauan Mentawai, Desti Seminora. Dukungan positif pun datang dari pihak Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan berharap dapat turut mendorong pertumbuhan ekonomi di Mentawai. Peserta pada kegiatan bertaraf internasional ini berasal dari negar Asia, namun tidak tertutup bagi peserta yang datang dari Australia, Amerika dan Eropa.
  6. Sebanyak 287 warga negara Indonesia (WNI) yang bermasalah dipulangkan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI dari Malaysia. Ratusan WNI yang terdiri dari 177 pria, 86 perempuan, dan 15 anak-anak dipulangkan melalui embarkasi Tanjung Pinang. Kasus yang dihadapi ratusan WNI adalah kurang lengkapnya dokumen, juga kasus tindak pidana kejahatan, bahkan sebelumnya para WNI tengah menjalani hukuman di beberapa penjara di Malaysia.
  7. Para pelaku usaha swasta di Indonesia harus bersiap-siap berhadapan dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) jika terbukti melakukan korupsi, pasalnya KPK kini sedang mempersiapkan aturan yang bisa menyeret pelaku korupsi dari kalangan atau korporasi swasta.
  8. Aspirasi rakyat akan semakin diusung demi intropeksi pemimpin bangsa, dan untuk mensukseskan program tersebut maka dibangunlah “Rumah Kami”. Mantan Koordinator Media Center Jokowi-Basuki, Budi Purnomo Karjodihardjo salah satu penggagas  menjelaskan, ‘Rumah Kami’ adalah rumah rakyat untuk menyampaikan aspirasi terkait sosok pemimpin yang diinginkan, baik di daerah maupun di pusat. Di rumah aspirasi ini rakyat juga diminta mengkritisi pemimpin yang tidak pro rakyat, termasuk yang seringkali melakukan ingkar janji atau membohongi rakyat. Rumah ini dibuka setiap hari dan rakyat boleh datang ke Jalan Tanjung, no 47, Menteng Jakarta Pusat. ‘Rumah Kami’ diresmikan pada Senin (28/1) di Jakarta
  9. Tanggap darurat banjir yang diumumkan Gubernur DKI Jakarta dinyatakan berakhir pada 27 Januari. Selanjutnya, status digantikan dengan masa transisi darurat yang berlangsung mulai hari ini hingga 26 Februari mendatang. Tidak hanya itu, posko penanganan darurat DKI Jakarta kini berganti menjadi posko transisi darurat. BNPB juga akan melakukan perampingan terhadap pengorganisasian posko sesuai dengan kebutuhan di masing-masing lokasi. Meski terjadi perubahan status posko, Kementerian Kesehatan tetap menyiagakan posko kesehatan dan tenaga kesehatan di beberapa lokasi. Langkah itu dilakukan untuk terus memonitor dan mengantisipasi Kejadian Luar Biasa (KLB) pasca bencana.
  10. Jelang Pemilu Presiden 2014 mendatang, banyak tokoh dari berbagai partai politik, bahkan kalangan artis pun melakukan pendekatan publik. Setelah penyanyi dangdut Rhoma Irama yang menyatakan siap maju pada Pilpres mendatang, kini Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (Meneg BUMN) Dahlan Iskan mengaku siap menjadi calon presiden pada pemilu mendatang.  Dahlan menyambut baik hasil survei yang dilakukan oleh beberapa lembaga survei yang menyebutkan namanya layak masuk dalma daftar calon presiden RI. Sebelum mendeklarasikan diri sebagai calon presiden, Dahlan akan terlebih dahulu meminta restu dari presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?52431

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :