Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa Jakarta darurat banjir hingga 27 Januari mendatang. Dengan adanya pernyataan darurat tersebut, seluruh potensi sumber daya nasional dapat dikerahkan untuk membantu penanganan bencana banjir.  Hal tersebut disampaikan seusai mengikuti rapat lintas sektoral bersama Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono, Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, Kepala BNPB Syamsul Maarif, serta Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pendidikan Musliar Kasim di Balaikota Jakarta, Kamis (17/1).

“Kondisi seperti ini, sampai 27 Januari, posisinya tanggap darurat,” kata Jokowi. Ia juga mengatakan, dengan menetapkan situasi tanggap darurat aparat terkait dan masyarakat harus tetap waspada menghadapi curah hujan tinggi yang akan terjadi.

Dampak banjir pun tak hanya menggenangi pemukiman penduduk. Istana Negara, Balai Kota Jakarta, sampai kantor KPK pun tak luput dari  banjir. Aktivitas masyarakat pun banyak yang tersendat karena akses jalan terputus akibat banjir. Banyak sekolah yang diliburkan karena terendam banjir, perkantoran dan pertokoan pun tutup.

Banjir yang melanda Jakarta disebabkan oleh tiga hal. Intensitas hujan ringan sampai tinggi yang terus mengguyur Ibu Kota dalam beberapa hari terakhir ini, air kiriman dari daerah sekitar cukup tinggi, dan air pasang yang naik.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI, banjir di awal tahun 2013 ini menyebabkan sekitar 500 RT, 203 RW di 44 Kelurahan yang tersebar di 25 kecamatan di Wilayah DKI Jakarta terendam banjir. Jumlah penduduk yang terendam sekitar 25.276 kepala keluarga atau sekitar 94.626 jiwa. Sedangkan warga yang mengungsi sekitar 15.447 jiwa.  BPBD DKI juga mencatat sampai dengan saat ini sudah ada 11 orang korban meninggal akibat bencana banjir yang melanda ibukota

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?52024

Untuk melihat artikel Khusus lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :