1. Tragedi penembakan brutal di sekolah Sandy Hock yang menewaskan 20 murid SD dan enam orang dewasa menjadi berita terhangat di Amerika (15/12). Pelaku yang diketahui bernama Adam Lanza juga tewas dalam insiden itu, jasadnya ditemukan persis disamping 3 senjata yang digunakannya untuk memberondong peluru ke siswa yang saat tengah belajar. Menyedihkan, anak-anak yang tewas dalam tragedi ini berusia rata-rata 6-7 tahun, 12 diantaranya adalah siswi. Sementara orang dewasa berusia sekitar 27 – 56 tahun, termasuk kepala sekolah, psikolog, dan dua orang guru. Pembantaian di Newtown ini merupakan tragedi kedua yang paling mematikan di lembaga pendidikan AS. Sebelumnya pada 2007, di Virginia Tech, seorang mahasiswa Cho Seung-Hui menembakan sejata secara membabi buta hingga menewaskan 32 orang, salah satunya korban diketahui siswa asal indonesia.
  2. Redenominasi atau penyederhanaan mata uang rupiah semakin mantap dilakukan oleh Bank Indonesia, bahkan rencana ini dimatangkan agar segera terealiasasi pada 2017 mendatang. Penyederhanaan rupiah menjadi sen rupiah dengan menghilangkan tiga nol dibelakang nilai nominal (Rp 1.000 menjadi Rp 1) dianggap tidak mengurangi nilainya mata uang. Saat ini, program redenominasi hanya bergantung pada persetujuan DPR. Jika DPR mampu menyelesaikan Undang-undang Redenominasi tersebut dalam setahun, maka target pelaksanaannya juga tidak akan molor, yaitu di 2017, dengan masa transisi selama tiga tahun (2014-2016).
  3. Aksi demonstrasi perangkat desa yang menuntut segera disahkannya RUU Desa dan berharap RUU Desa bisa mengangkat perangkat desa menjadi PNS pada Jumat (14/12) lalu sempat ricuh. Selain menyambagi Gedung DPR/MPR di Senayan, para demonstran yang kebanyakan adalah Kepala Desa (Kades) juga merusak sejumlah fasilitas umum, mulai dari merobohkan pagar pembatas jalan, menjebol gerbang gedung DPR, mencabut dan membakar pohon, juga merusak beberapa fasilitas umum lainnya. Saat menjalankan aksinya, massa juga sempat menuntup akses jalan tol dalam kota.  Aksi tersebut jelas merugikan PT Jasa Marga, yang mengalami kerugian mencapai RP 380 juta akibat tol yang ditutup menjadikan Jasa Marga tidak mempunyai pemasukan.
  4. Tahun depan, tepatnya di bulan Mei akan menjadi sejarah untuk kelahiran mobil listrik nasional, pasalnya Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan, presiden akan merilis mobil listrik secara nasional pada Mei 2013 mendatang. Mobil ramah lingkungan yang digadang-gadangkan Dahlan saat ini masih dalam tahap perakitan, dan kedepannya, mobil berjenis carry yang diklaim sebagai mobil masa depan indonesia akan dilengkapi dengan 7 kursi penumpang. Rencananya mobil listrik ini sebelum dipasarkan akan diuji coba oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Menteri Sekertaris Negara Budi Silalahi, Menteri Keuangan Agus Susilo Martowardojo, Menteri Riset dan Teknologi Muhammad Hatta dan Menteri BUMN sendiri Dahlan Iskan.
  5. Pada perayaan Natal 2012 dan persiapan menyambut Tahun Baru 2013, persiapan pengamanan di sejumlah tempat di Tangerang sudah disiapkan. Kepolisian Resor Metro Jaya Tangerang Kota telah menyiapkan sekitar 800 personel untuk melakukan penjagaan. Pengamanan di sejumlah titik seperti di beberapa gereja dan sejumlah pusat niaga. Pengamanan ini melibatkan seluruh perwakilan gereja, TNI, juga Dinas Perhubungan Terkait.
  6. Tragedi penembakan brutal yang terjadi di sebuah sekolah dasar di Amerika Serikat ( 14/12) membuat banyak pihak memaksa pemerintah untuk memperketat peredaran sejata di Amerika Serikat.  Namun di saat rakyat menghendaki pengaturan senjata segera dilakukan, hal desakan itu justru tidak ditanggapi para aktivis pecinta senjata, mereka memilih diam dengan isu hangat tersebut. Walikota New York Michael Bloomberg merupakan salah satu penentang peredaran senjata secara luas. Atas beberapa kejadian sadis yang terjadi ia pun menyalahkan Presiden Barack Obama yang gagal melarang peredaran senjata api secara bebas. Bloomberg sempat mendesak kongres untuk memperbaharui peraturan beredarnya senjata bentuk militer yang sebelumnya diberlakukan pada 1994 dan tidak berlaku lagi pada 2004. Ia juga mendesak penguakan basis data untuk melacak kepemilikan senjata dan pengetatan peredaran senjata dan penambahan aturan penjualan senjata terhadap pelaku kejahatan.
  7. Wacana pemberlakukan plat nomor kendaraan ganjil genap untuk mengatasi kemacetan Ibu Kota menjadi sangat serius. Banyak masyarakat yang kurang setuju dengan kebijakan baru ini. Namun Pemprov DKI sudah merilis kawasan-kawasan yang akan kena sistem pembatasan kendaraan nopol ganjil genap di Jakarta. Pemberlakukan sistem baru ini dibuat untuk mengarahkan masyarakat Jakarta agar mau menggunakan tansportasi umum, dan mengurangi penggunaan mobil dan motor pribadi. Aturan ganjil genap tersebut hanya diterapkan mulai pukul 06.00 – 20.00 WIB. Sistem ini tidak berlaku bagi angkutan umum dan angkutan barang sehingga masyarakat bisa menggunakan angkutan umum.
  8. Maraknya isu peredaran bakso oplosan daging babi menjadi perhatian masyarakat, khususnya para pecinta bakso. Minat pembeli  basko pun jadi menurun drastis usai hasil temuan Dinas Suku Peternakan dan Perikanan yang menemukan pengilingan daging  di Cipete yang mencampur daging sapi dengan daging babi. Dari sampel bakso milik pedagang bakso yang tersebar di 10 kecamatan Jakarta Selatan, 3 kecamatan yang pedagang baksonya menggunakan daging babi yaitu Kecamatan Cilandak, Kebayoran Lama dan Kebayoran Baru. Masyarakat semakin berhati-hati untuk membeli bakso dalam waktu dekat ini, alhasil penjualan bakso terkena imbas dan kini sepi pelanggan.
  9. Presiden Amerika Serikat Barack Obama mulai geram dengan aksi brutal penembakan massal yang meresahkan rakyatnya, untuk itu Obama bersumpah akan menggunakan semua kekuasaannya untuk mememastikan penembakan seperti di Newtown tidak akan terulang kembali. Ia mengatakan tidak akan mentolerir tragedi yang menewaskan banyak orang. Untuk itu ia akan menggunakan kekuasaannya bersama warga, penegak hukum, hingga para profesional kesehatan mental, para pendidik dan orang tua untuk mencegah tragedi serupa.  Saat mengunjungi sekolah Sandy Hooks dimana lokasi penembakan terjadi, Obama menyampaikan rasa belasungkawa yang mendalam kepada para korban dan keluarga yang ditinggalkan.
  10. Penandatanganan nota kesepahaman indonesia (ASITA) dan Receptive Services Association of Amerika (RSAA) diharapkan semakin meningkatkan kerja sama pariwisata indonesia dan Amerika.  Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan oleh Ketua Umum ASITA, Asnawi Bahar dan Direktur Eksekutif RSAA Matt Grayson di kediaman Dubes AS untuk indonesia, Scot Marciel, di Jakarta. Inisiatif ini diperkenalkan untuk kemudahan warga indonesia yang ingin berwisata ke Amerika Serikat, sementara untuk indonesia dimaksudkan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan asal AS ke Indonesia, yang sempat menurun akibat kiris yang melanda AS.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?51213

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :