Agar liburan lebih seru dan menyenangkan, ada satu persiapan yang wajib dilakukan dengan cermat. Mengemas barang bawaan dengan efisien. Terlalu banyak bawaan berarti harus menyisihkan tenaga ekstra untuk menenteng bawaan berat. Membawa bawaan terlalu sedikit, belum tentu efektif jika barang-barang penting seperti kartu identitas, tiket atau surat-surat penting malahan tertinggal.

Menjelang liburan sekolah anak-anak dan libur akhir tahun ini, tentu sudah dipersiapkan tujuan wisata bersama keluarga. Untuk mengemas bawaan, hal penting pertama adalah mempertimbangkan tujuan dan lama perjalanan. Perjalanan selama beberapa hari cukup dengan membawa koper sedang. Koper besar hanya perlu dipakai jika kita akan tinggal lebih dari 1 bulan. Langkah selanjutnya adalah:

  1. Pilih koper besar namun ringan hingga bisa diisi berbagai keperluan keluarga. Beberapa produsen koper mengklaim membuat produk yang besar namun ringan. Koper yang ringan adalah pilihan yang baik untuk  mensiasati biaya bagasi pesawat.
  2. Ganti cara melipat pakaian dengan cara menggulungnya dengan rapi dan kuat. Cara ini akan membuat ruang di koper atau tas kita menjadi lebih lega.
  3. Simpan pakaian yang akan digunakan pada hari pertama di bagian paling atas. Mencari-cari baju yang akan dipakai akan membutuhkan banyak waktu untuk membereskannya.
  4. Pilih pakaian yang paling tipis, ringan, sederhana dan multifungsi. Tinggalkan saja pakaian berat dan banyak pernak-pernik yang akan menyita ruang di dalam koper atau tas.
  5. Padu-padankan pakaian dengan cermat sehingga bisa digunakan pada 2 acara sekaligus. Tidak ada salahnya memakai celana panjang selama 2 hari sepanjang masih bersih bukan? Celana bisa dipadankan dengan kaus atau baju berbahan katun.
  6. Jangan lupa membawa dokumen penting, uang, obat-obatan, kamera, handycam dan peralatan pembersih di dalam tas tangan berukuran sedang.
  7. Tinggalkan aksesoris yang tidak perlu, apalagi yang berukuran besar dan berat.
  8. Gunakan saja pakaian hangat, sweater atau mantel untuk menghemat ruang koper atau tas.
  9. Barang berikut penting jangan lupa untuk dibawa: dompet uang receh, tisu basah, pembersih tangan, charger HP, dan kantong plastik.
  10. Jangan lupa untuk membuat daftar bawaan barang yang akan dibawa dan memeriksa kembali sebelum barang dikemas ke dalam tas atau koper.

Usai menata dan mengemas dengan rapi, berarti siap untuk berlibur dengan tenang dan nyaman. Selamat berlibur.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?50989

Untuk melihat artikel Tips & Trik lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :