Menghadapi masa liburan panjang, beragam kegiatan menarik bisa dipilih. Mengapa tidak mempertimbangkan untuk melatih anak menulis? Selain hemat dan tidak memerlukan banyak persiapan, kegiatan menulis memiliki segudang manfaat.

Sebagian dari kita mungkin luput memperhatikan manfaat dari kegiatan menulis yang dilakukan anak. Bahkan di sekolah pun, kegiatan menulis tidak mendapat porsi yang cukup besar. Tidak mengherankan jika anak-anak kita tidak terbiasa untuk menulis dan mungkin sebagian mengalami kesulitan untuk menulis. Padahal di berbagai negara maju, kegiatan menulis untuk anak sudah menjadi kebiasaan.
Berlatih menulis bagi anak akan memberikan manfaat berikut:

Merangsang anak untuk kreatif


Berbeda dengan menonton televisi yang pasif, menulis merangsang anak untuk aktif dan berpikir kreatif. Mulai dari memilih tema penulisan, membuat kerangka tulisan hingga membuat jalan cerita. Semua merangsang anak untuk merangkai kata hingga membentuk kalimat bermakna, memiliki alur dan diakhiri penutup.

Berlatih mandiri

Kemandirian anak dilatih sejak dini dengan menulis. Seperti halnya penulis dewasa, seorang anak yang menulis pun dituntut untuk menulis seorang diri dan mengembangkan ide yang dimilikinya.

Berlatih mengungkapkan emosi dan ekspresi diri


Dengan menulis, anak bisa menyalurkan emosi yang terpendam tanpa ada paksaan sehingga dapat melepas ‘uneg-uneg’. Emosi anak akan menjadi lebih stabil dan tenang.

 

Menghargai data dan waktu

Anak memanfaatkan waktu untuk mencari data-data pendukung dan memanfaatkan waktu dengan efektif. Dengan belajar menghargai tenggat waktu, anak belajar untuk menyelesaikan proyek tulisannya sesuai waktu.

Menambah ilmu dan wawasan

Untuk membuat sebuah tulisan, anak harus memiliki data berupa ilmu pengetahuan maupun pengalaman. Anak dituntut untuk banyak membaca sebagai bahan tulisannya sehingga menambah ilmu dan wawasannya.
Namun, bagaimana jika orang tua tidak memiliki cukup waktu untuk membimbing anak menulis? Tidak perlu berkecil hati. Orang tua bisa mempertimbangkan untuk mengikut-sertakan anak pada pelatihan menulis khusus untuk anak. Informasi pelatihan terkait bisa diperoleh di Internet. (1007)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?50755

Untuk melihat artikel parenting lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :