1. Kebijakan Presiden Amerika, Barack Obama untuk menaikan pajak di Amerika didukung beberapa senator dari Partai Republik. Para senator juga menolak mendukung Grover Norquist, pelobi yang menentang kenaikan pajak. Pada Januari 2013 warga Amerika akan terkena pajak lebih tinggi. Ini menjadi berita baik bagi Obama untuk menyelamatkan ekonomi AS dari resesi ekonomi lebih dalam. Dengan demikian, kebijakan bebas pajak yang dicanangkan mantan Presiden AS George W Bush akan berakhir, sehingga tahun depan warga AS akan terkena pajak lebih tinggi, pemerintah pun secara otomatis akan menurunkan pengeluaran.
  2. PT Pertamina memutuskan untuk menghentikan pengendalian pasokan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi menyusul munculnya kerawanan sosial yang dikhawatirkan akan mengganggu kepentingan nasional yang lebih besar. Pengendalian tersebut juga bertujuan untuk menjaga agar kuota yang ditetapkan pemerintah dan DPR dalam APBN-P 2012 sebesar 44,04 juta KL tidak terlampaui. Normalisasi perindustrian BBM tidak lepas dari merebaknya keresahan di kalangan masyarakat konsumen BBM bersubsidi di berbagai daerah.
  3. Para aktivis gabungan LSM tolak pembangunan 6 tol dalam kota yang diusulkan pemerintah bersama Pemprov DKI Jakarta. Penolakan tersebut didasarkan oleh beberapa ke khawatiran yang bisa berdampak pada lingkungan dan sosial.  Dari segi lingkungan dikhawatirkan pembangunan tol baru dalam kota hanya akan merangsang orang untuk menggunakan kendaraan pribadi sehingga kemacetan dan polusi udara di Jakarta akan semakin parah.
  4. Global Youth Forum akan segera digelar untuk membahas tentang kawula muda oleh kaula muda pada 2-6 Desember 2013. Acara ini dihadiri oleh 1.000 delegasi dari 193 negara anggota PBB. GYF akan mengangkat isu-isu relevan bagi kawula muda di seluruh dunia, khususnya terkait masalah pendidikan, lowongan pekerjaan, kesehatan dan berbagai macam mulai konteks keluarga dan hak, juga partisipasi publik. Tujuan United Nations Population Fund sebagai panitia penyelenggara mengadakan road ro Bali untuk menampung aspirasi kawula muda di seluruh dunia.
  5. Peringati hari anti-korupsi sedunia, sekitar 40 lembaga anti-korupsi di seluruh dunia menggelar konferensi internasional bertajuk ‘Principles for Anti Corruption Agencies’. Konferensi digelar di Hotel JW. Mariot, Jakarta pada 26-27 November 2012. Konferensi diikuti lebih dari 100 orang peserta dari 40 lembaga anti-korupsi di dunia.
  6. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika meminta masyarakat Jakarta untuk mewaspadai banjir. Diprediksikan, hujan akan terjadi lebih panjang pada Desember mendatang. Kepala Pusat BMKG Mulyono Rahardi Probowo menjelaskan, sepekan terakhir ini hanya berlangsung dua sampai tiga jam dengan intensitas hujan berkisar 301-500mm, sedangkan bulan mendatang diprediksi hujan bisa berlangsung lebih dari empat jam dan intensitas hujannya berkisar 101-300mm. Untuk itu Mulyono mengatakan genangan dan banjir masih berpotensi terjadi di Jakarta.
  7. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menyatakan akan menata ulang sebanyak 100 kampung yang tersebar di wilayah Jakarta dengan biaya APBD DKI. Biaya yang dibutuhkan untuk mendirikan satu kampung kurang lebih Rp 30-50 miliar dan sudah disampaikan kepada DPRD DKI.  Desain-desain kampung akan dibuat oleh arsitek-arsitek lokal, juga turut melibatkan pihak swasta dan mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi di Indonesia. Untuk pengerjaannya nanti akan menggunakan sistem partisipasi masyarakat dengan dibentuk kelompok kerja yang melibatkan warga sekitar. Jokowi menambahkan di seluruh kampung akan disediakan instalasi pengolahan air limbah, sistem draunase yang baik, ruang terbuka hijau dan perpustakaan kampung.
  8.  Ratusan mahasiswa di Malang yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor DPRD Kota Malang (26/11). Aksi ini mengecam Sutan Bhatoegana, politisi Partai Demokrat yang dinilai telah melecehkan mantan Presiden RI, almarhum KH Abdurrahman Wahid atau biasa dikenal dengan nama Gus Dur. Kecaman ini menyusul pernyataan Bhatoegana yang menyebut pemerintahan Gus Dur ‘dilengserkan’ akibat skandal korupsi Bulog dan Brunei-gate. Massa menuntut Bhatoegana meminta maaf kepada seluruh rakyat Indonesia, serta mencabut pernyataannya yang sudah menyebar ke masyarakat dalam waktu 2x 24 jam. Massa pun mengancam apabila Bhatoegana tidak menjalankan tuntutan, maka seluruh rakyat terutama kaum Nahdilyyin akan melakukan demo besar-besaran dan akan melaporkan ke pihak yang berwajib.
  9. Pemerintah melalui Kementerian Keuangan melansir kenaikan tarif cukai rokok untuk tahun 2013 dengan besaran rata-rata sekitar 8,5%. Kebijakan cukai hasil tembakau tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 179/PMK.011/2012 Tentang Tarif Cukai Hasil Tembakau pada 12 November 2012, dengan ketentuan tarif cukainya berlaku pada 25 Desember 2012.
  10. Konflik panjang Israel-Palestina yang kini tengah memanas memicu banyak kecaman di seluruh dunia. Kemenangan Hamas atas Palestina beberapa waktu yang lalu merupakan angin segar bagi rakyat di sana. Seakan tak ingin menyiakan kesempatan berharga ini, Indonesia melalui Komisi I DPR RI akan mengadakan kunjungan ke Mesir, Palestina, dan Yordania guna membahas solusi bagi negara yang sedang bertikai dan memberikan sejumlah bantuan.
    Dipimpin Mahfudz Siddiq, 10 anggota Komisi I DPR akan berangkat dengan menggunakan Emirat Airlines pada Selasa 27 November 2012 dini hari pukul 00.20 WIB. Turut serta delegasi tambahan dari LSM, satu di antaranya adalah Komite Nasional Rakyat Palestina.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?50606

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :