Demi menggali  dan meningkatkan industri kreatif di Yogyakarta, dalam waktu dekat kota yang terkenal sebagai kota pelajar ini akan diusulkan sebagai kota kreatif ke UNESCO. Wacana pengusulan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pencitraan dan kesejahteraan masyarakat kota Yogyakarta

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pariwisata DIY, Tazbir saat pembukaan seminar di Yogyakata (19/11). Dijelaskannya, usulan ini didasarkan karena banyaknya potensi kreatif yang ada di Kota Yogyakarta, sehingga sayang jika tidak dimanfaatkan dengan baik. “Kita punya handycraft sejak zaman Belanda seperti kerajinan perak di Kotagede,” paparnya.

Meski baru tahap usulan, Tazbir melanjutkan pihaknya sudah melakukan beberapa rapat koordinasi terkait rencananya ini. Rencananya naskah usulan akan segera rampung pada akhir 2012. Meski disadari untuk mengajukan Yogyakarta sebagai kota kreatif tidak mudah, pasalnya banyak kota di Tanah Air yang juga punya potensi yang sama, beberapa kota diantaranya adalah Solo dan Bandung yang juga punya peluang untuk mendaftarkan kotanya menjadi kota kreatif.

Diharapkan jika Kota Yogyakarta menjadi kota kreatif akan meningkatkan citra Yogyakarta. Selain itu, juga akan memunculkan industri-industri kreatif lebih banyak lagi, sehingga kesejahteraan masyarakat akan meningkat.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?50343

Untuk melihat artikel Nusantara lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :