Semua orang tahu, makanan merupakan sumber energi yang sangat dibutuhkan tubuh. Tapi tahukan Anda, ada beberapa makanan yang justru menyerap energi dan membuat jadi kantuk?  Berikut ini ada beberapa makanan yang perlu diwaspadai dan dibatasi konsumsinya, jika Anda tidak ingin aktivitas siang terganggu karena mengantuk.

Makanan berlemak

Sederhana saja, lemak sangat sulit dicerna, bahkan organ pencernaan membutuhkan 6 sampai 8 jam untuk bisa mencernanya. Dan jika tubuh tidak punya persediaan energi lain, maka kemungkinan tubuh akan menjadi lemas dan mengantuk.

Minuman berenergi

Di iklan mungkin minuman berenergi digambarkan sebagai asupan yang bisa meningkatkan energi tubuh, tapi pada kenyataannya tidak demikian. Minuman berenergi  yang mengandung gula dan kafein yang tinggi cenderung membuat lemas tubuh dan haus beberapa saat setelah diminum. Tubuh pun kembali lemas karena rasa haus dan mengantuk. Lebih baik mengkonsumsi air putih yang jelas bermanfaat bagi tubuh, ketimbang sering mengkonsumsi minuman berenergi yang nantinya bisa menimbulkan masalah kesehatan karena kandungannya yang memiliki efek samping.

Sarapan manis

Gula dan karbohidrat di pagi hari dipercaya bisa meningkatkan energi, tapi jangan salah ternyata asupan tersebut juga bisa menurun dengan cepat. Penurunan gula dalam darah yang terlalu drastis mengakibatkan tubuh lemas dan sering menguap karena kekurangan oksigen akibat pembakaran energi. Ada baiknya menghindari makanan manis seperti kue-kue manis di pagi hari. Konsumsilah makanan berkabohidrat dan mengenyangkan.

Makanan rendah zat besi

Zat besi adalah zat pembangun energi dan kalori. Anda akan merasa lelah jika kekurangan zat tersebut. Konsumsi paha ayam lebih baik dalam meningkatkan zat besi ketimbang bagian dadanya. Daging merah juga tinggi zat besi tapi lebih banyak kolesterol. Labu juga diketahui mengandung zat besi tinggi yang bisa dimakan sebagai camilan di sore hari.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?50132

Untuk melihat artikel Kesehatan lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

____________________________________________________

Supported by :