Peringatan hari Sumpah Pemuda yang jatuh setiap tanggal 28 Oktober merupakan momentum bersejarah bagi kaum muda Indonesia. Bersatunya kaum muda merupakan modal penting bagi masa depan bangsa, untuk itu pada peringatan Sumpah Pemuda 28 Oktober mendatang, kaum muda yang tergabung dalam puluhan organisasi massa kepemudaan akan menggelar aksi pengucapan ikrar ‘Sumpah Pemuda 2012” di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, tanggal 28 Oktober 2012. Aksi ini juga merupakan bentuk kepedulian ribuan pemuda yang ingin merevitalisasi semangat juang para pemuda Indonesia agar bersatu membangun bangsa.

‘Sumpah Pemuda 2012’ merupakan ikrar penambahan dari Sumpah Pemuda 1928 yang berisi : Bertanah air satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia, berideologi satu ideologi Pancasia, serta bersatu untuk tekad mengembalikan konstitusi kepada UUD 1945.

“Ikrar Sumpah Pemuda 2012 yang akan dikumandangkan merupakan penambahan dari Sumpah Pemuda 1928,” kata inisiator Gerakan Kebangkitan Pemuda Indonesia 2012, Thoriq Mahmud, di Jakarta (22/10) kemarin.

Thoriq menjelaskan, naskah ‘Sumpah Pemuda 2012’ sebagai ikrar untuk melanjutkan militansi semangat pemuda 2012 dan sekaligus sebagai pemersatu pemuda Indonesia saat ini dan masa depan agar lebih maju, baik secara politik, mandiri, ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan.

Melalui ikrar tersebut, para pemuda juga ingin menegaskan bahwa saat ini erosi kebangsaan sudah dalam keadaan akut. Oleh karena itu pemuda harus siap menjadi pelopor bagi kebangkitan nasionalisme yang berjiwa patriot dan berpegang teguh dengan ideologi Pancasila dan UUD 1945 yang asli.

“Pemuda yang memiliki komitmen kuat terhadap Pancasila sudah saatnya bertekad menjadikan Indonesia sebagai negara adidaya dan berdaulat penuh di mata dunia internasional,” paparnya.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?49850

Untuk melihat artikel Jakarta lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
_____________________________________________________

Supported by :