1. Dua bom rakitan meledak di Pos Polisi Lalu Lintas di pusat Kota Poso, Sulawesi Tengah (22/10) pukul 06.30 WIT. Akibat ledakan tersebut seorang polisi terluka parah dan seorang satpam yang tengah melintas luka-luka karena terkena serpihan bom. Korban langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat. Menurut beberapa saksi bom meledak dua kali, yang pertama hanya mengeluarkan ledakan kecil dan yang kedua cukup besar sehingga bisa terdengar hingga radius 3 kilometer. Saat ini tim Gegana dan aparat setempat kini tengah menyelidiki bom yang menyebabkan pos polisi hancur.
  2. Presiden akan segera mengevaluasi kinerja para menteri Kabinet Bersatu II melalui Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4). Hal ini disampaikan juru bicara presiden Julian Aldrin Pasha, di kantor presiden (21/10). Julian mengatakan, evaluasi menteri tidak dilakukan secara khusus kepada menteri, namun akan di evaluasi secara kelembagaan, yaitu apakah program yang sebelumnya diajukan masing-masing lembaga kementerian berjalan atau tidak. Dari hasil tersebut, Ketua UKP4 baru akan menyampaikan kepada presiden dan hasil akhirnya presiden yang akan menentukan.
  3. Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) akan memberikan satu penghargaan untuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Bapak Demokrasi. Penganugerahan itu akan diberikan pada Desember mendatang. Penghargaan tersebut  diberikan KNPI  atas prestasi presiden, yang menganggap SBY berhasil membuat situasi ekonomi dan politik di Tanah Air stabil.
  4. Penembakan brutal terjadi di Amerika, tepatnya Azana Salon and Spa, Milwaukee (21/10) waktu setempat. Tujuh orang tertembak, tiga diantaranya tewas, termasuk pelaku pun ditemukan tewas dalam insiden itu.  Pelaku dikatahui adalah Radcliffe Haughton (45) pria asal  Brown Deer, ditemukan tewas di dalam spa.  Insiden ini sudah didengar Presiden Amerika Barack Obama melalui penasehat keamanan dalam negeri, tidak lama setelah kejadian. Dan hasil dari penyelidikan insiden tersebut, Gedung Putih menyatakan aksi penembakan brutal itu diduga tidak terkait terorisme.
  5. Puluhan mahasiswa tergabung dalam Barisan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Indonesia demo di depan Istana. Mereka mengecam Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono untuk mundur dari jabatannya. Permintaan puluhan mahasiswa di seberang Istana Merdeka itu sebagai bentuk kekecewaan atas kinerja Pemerintahan SBY dalam menyingkapi kasus korupsi dan hak asasi manusia (HAM) di Tanah Air.  Gabungan mahasiwa juga mengkritisi Polri yang mengamankan aksi unjuk rasa ini. Mereka menilai aparat yang membubarkan aksi berlaku kasar ketika mahasiwa membacakan tuntutan yang ditujukan untuk presiden.
  6. Profesi hakim di Tanah Air tengah menjadi sorotan masyarakat terkait banyak terungkap berbagai kejanggalan dan kasus yang membelit beberapa hakim yang saat ini kasusnya ditangani aparat. Berupaya membersihkan profesi hakim di Indonesia, para hakim akan menyerukan gerakan ‘4S’ dan meminta masyarakat untuk mendukung gerakan tersebut. Gerakan ‘4S’ adalah Save MA dari Mafia, Selamatkan Hakim Bersih, Sayangi Hakim Berintegritas dan sejahterakan Hakim Reformis. Maksud dari  gerakan ini juga ingin meminta Mahkamah Agung (MA) agar membasmi hakim-hakim ‘nakal’  agar tercipta reformasi peradilan yang bersih dan berprinsip keadilan.
  7. Mobil listrik ciptaan Dasep Ahmad asal Depok menarik perhatian dunia. Seperti dikabarkan mobil listrik dipesan dan akan diterbangkan ke Norwegia. Seorang berkewarganegaraan Norwegia sengaja datang ke bengkel milik Dasep di Jalan Kalimulya, Sukmajaya, Depok untuk mencoba kekuatan mobil listrik, dan akhirnya tertarik untuk memilikinya. Mobil ini diperkuat baterai lithium ion sebanyak 36 buah dengan kapasitas baterai yang mencapai 21 kWh yang mampu berjalan hingga sejauh 130 kilometer dengan sekali isi. Mobil yang dinamai ‘Ahmadi’ sebagai merek pabrikan sangat fleksibel dan bisa melakukan pengisian di rumah dengan tegangan 220 V dan hanya membutuhkan waktu 4-5 jam hingga baterai tersisi penuh.
  8. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi berencana membangun gedung konser bertaraf internasional yang nantinya juga bisa difungsikan sebagai gedung kesenian. Hal ini disampaikan pada saat dirinya berbincang dengan para musisi seperti Indra Lesmana dan Ireng Maulana yang saat itu tengah mengisi acara di JakJazz Festival. Jokowi mengungkapkan, meski keinginan tersebut baru berupa angan-angan, pertimbangan lokasi dan pengerjaannya harus dipikirkan secara matang. Sebelumnya, permintaan gedung konser pun telah disampaikan Indra saat menyalami Jokowi yang Minggu malam (21/10) kemarin, yang hadir untuk menyaksikan pagelaran musik Jazz. Sambil bercana Indra bergurau mewakili para musisi lainnya agar Jokowi membuatkan sebuah gedung konser bagi musisi Indonesia.
  9. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan menerima penghargaan di bidang Kredit Udaha Rakyat (KUR). Dia dianggap berhasil mengurangi kemiskinan dan pengangguran di Indonesia. Penghargaan ini akan diberikan secara langsung oleh Direktur Microcredit Campaign Summit Larry Reed yang berpusat di Washington DC, Amerika dalam acara International Microfinance Conference (IMC) 2012 yang diselenggarakan di Hotel Sheraton, Yogyakarta 22-23 Oktober 2012.
  10. Ratusan angkutan kota Medan mogok beroperasi karena menurut penertiban angkutan illegal berplat hitam. Senon (22/10) para supir angkutan ini memaksa penumpang angkutan untuk turun dan meminta supir lain untuk ikut mogok. Aksi mogok supir angkutan kota ini  terjadi di simpang Amplas dan simpang Pos. ratusan penumpang terlantar, sebagian besar para penumpang adalah anak sekolah dan para pekerja.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?49835

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :