Pasangan Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama resmi ditetapkan sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2012-2017. Senin (15/10) Jokowi-Ahok menjalani pelantikan dan berjanji akan memberikan perubahan yang berarti selama menjabat sebagai pemimpin Jakarta.

Proses pelantikan dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi, di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kebonsirih, Jakarta Pusat, pukul 10.00 WIB.

Pelantikan diawali dengan pengambilan sumpah jabatan. Pengambilan sumpah dilakukan dalam agama Islam untuk Jokowi dan agama Protestan untuk Ahok.

“Dengan resmi melantik Joko Widodo sebagai Gubernur DKI Jakarta dan Basuki Tjahaja Purnama sebagai Wagub DKI masa jabatan 2012-2017. Berdasarkan keputusan 88/P/2012 tanggal 8 Oktober 2012. Kami percaya saudara-saudara akan melaksanakan jabatan dengan baik dan penuh tanggung jawab,” ujar Gamawan di DPRD DKI Jakarta, Senin (15/10).

Prosesi selanjutnya, Mendagri memasangkan tanda pangkat pada Jokowi dan Basuki Tjahaja Purnama. dilanjutkan dengan penyerahan memori yang dilakukan dari gubernur dan wagub sebelumnya, Fauzi Bowo dan Prijanto, kepada Jokowi dan Ahok.

Antusias masyarakat usai pelantikan

Kemeriahan prosesi pelantikan Gubernur Jokowi dan Wagub Ahok terlihat dengan jelas di depan Gedung DPRD, Jl Kebon sirih, Jakarta Pusat. Ribuan warga Jakarta mengerubung panggung rakyat saat Jokowi dan Ahok menyapa mereka dari situ. Tanpa komando warga langsung menyanyikan Indonesia Raya. Sambil menyanyikan lagu, mereka juga mengibarkan bendera Merah Putih segala ukuran.

Setelah memberikan sambutannya yang tidak sampai 5 menit, Jokowi dan Ahok tidak langsung turun panggung. Jokowi terlihat mmenghampiri sudut-sudut panggung dan menyapa warga sambil berjongkok.

Beberapa warga tampak memberikan benda-benda yang diterima langsung oleh Jokowi. Salah satunya adalah poster yang bergambar Jokowi.

Kepada para warga, Jokowi dan Ahok menyampaikan apresiasinya. Dia meminta segala lapisan masyarakat ikut mengawal pemerintahannya selama 5 tahun.

“Kemudian tadi baru saja dilantik, saya minta pada seluruh warga, Bapak, Ibu semuanya, Saudara-saudara semuanya, tetap ikut mengawal saya, mengawal kami,” kata Jokowi.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?49776

Untuk melihat artikel Jakarta lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
_____________________________________________________

Supported by :