Anda pasti tidak suka jika lawan bicara Anda bernapas tidak sedap alias bau mulut. Tapi bagaimana jika yang bau mulut adalah Anda sendiri? Rasanya pasti tidak nyaman, percaya diri menurun, dan jadi malas berdekatan dengan orang lain. Bau mulut terjadi karena kondisi mulut yang tidak bersih atau karena ada masalah pada lambung. Menyikat gigi secara teratur mungkin jadi solusi sementara untuk menghilangkannya, tapi kondisi ini tidak akan bertahan lama, pasalnya setelah beberapa saat aroma mint dari pasta gigi hilang dengan sendirinya. Lalu bagaimana mengatasinya?

Anda masih bisa menyembuhkannya. Dengan cara merubah asupan harian, dengan begitu bau mulut bisa dibasmi tanpa Anda harus malu lagi. Berikut beberapa cara alami yang ampuh mengusir bau mulut :

Makan buah

Buah-buahan bukan hanya dikenal menyehatkan tapi bisa sekaligus mengatasi beberapa masalah pada mulut. Makan buah yang kaya vitamin C dapat menghilangkan bau mulut karena mampu mencegah tumbuh kembang bakteri jahat pada mulut penyebab napas tak sedap. Vitamin C dalam buah juga mengurangi risiko gusi berdarah, jadi mulut pun aman dari penyakit. Buah stroberi, ceri, dan jeruk merupakan buah yang kaya akan vitamin C yang bisa jadi obat alami pengusir bau mulut.

terbukti efektif untuk mengobati halitosis secara natural. Selain itu, apel dan wortel juga dapat menghilangkan bau tak sedap pada mulut.

Bumbu dapur

Tak hanya buah-buahan, beberapa jenis bumbu dapur seperti kapulaga dan cengkeh pun bisa menyembuhkan bau mulut. Hanya dengan berkumur atau mengkonsumsinya dengan takaran wajar nafas yang tak sedap bisa berubah jadi lebih segar.

Daun Jambu

Daun jambu tidak hanya berfungsi untuk mengobati diare, namun mengunyah daun jambu juga dapat mengobati bau mulut tak sedap sekaligus memutihkan gigi secara alami. Mengunyah daun ketumbar atau daun mint, juga dapat membantu mengurangi bau napas yang tidak sedap.

Yoghurt

Cobalah untuk mengonsumsi yoghurt yang rendah lemak dan tanpa kandungan gula . Menurut para ilmuwan, yoghurt mengandung bakteri yang menekan berkembangnya sulfat pada mulut. Sulfat ini adalah salah satu penyebab bau napas tak sedap. Selain itu, yoghurt juga dapat membunuh bakteri jahat pada mulut.

Perlu diingat, yoghurt dengan kandungan gula, tidak akan membantu menghilangkan bau napas tak sedap, namun justru memicu tumbuh kembangnya bakteri jahat di mulut Anda.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?49737

Untuk melihat artikel Kesehatan lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

____________________________________________________

Supported by :