Indonesia ingin menciptakan sebuah terobosan baru dengan mengembangkan program mobil ramah lingkungan. Selama masih berada di New York, Amerika, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memanfaatkan kesempatan itu dengan mempromosikan sekaligus mengundang diaspora Indonesia untuk ikut berkontribusi mensukseskan program tersebut.

“Kami di Indonesia sedang mengembangkan green car atau electric car karena beban subsidi yang tinggi (dari bahan bakar minyak),” kata SBY di hadapan diaspora Indonesia dalam acara santap pagi bersama di Perwakilan Tetap RI New York, Kamis (27/9) pagi waktu setempat.

Mobil ramah lingkungan yang akan dikembangkan Indonesia menurut SBY merupakan sebuah alat transportasi yang tepat untuk menghindari dampak naiknya harga minyak dunia. Untuk itu SBY meminta kepada diaspora Indonesia yang memiliki keahlian agar bisa ikut serta berperan untuk mengembangkan mobil ramah lingkungan tersebut. Bahkan SBY ingin mempercepat program agar segera terlaksana.

Tak hanya program itu saja, SBY pun mengundang diaspora Indonesia untuk ikut mengambil peran dalam bidang teknologi informasi dan ketahanan pangan.

Seperti yang pernah disampaikan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat Dino Patti Djalal, diaspora dibuat memang bertujuan untuk menggali dan menciptakan peluang usaha, sehingga diaspora dapat berfungsi sebagai komunitas yang dapat menghubungkan antara Indonesia dengan negeri di tempat mereka tinggal. Sedangkan definisi diaspora versi Organisasi Internasional untuk Migrasi (International Organization for Migration/IOM) adalah anggota suatu etnis atau komunitas nasional yang pergi meninggalkan negaranya, tetapi masih memelihara hubungan dengan tanah air mereka.

Seusai melakukan pertemuan dengan para diaspora Indonesia, SBY kemudian menerima CEO IBM Virginia M Rometty, CEO Cargill Gregory Page, CEO Honeywell David Cote, dan CEO Millenium Challenge Corp Daniel Yohannes. (1001)

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?49416

Untuk melihat artikel Khusus lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :