1. Perdana Menteri Australia Julia Gillard dijadwalkan akan menghadiri peringatan sepuluh tahun Tragedi Bom Bali I, Jumat 12 Oktober 2012 yang akan diselenggarakan di Garuda Wisnu Kencana, Jimbaran, Bali. Dijelaskan Wakil Kepala Kepolisian Daerah Bali, Brigadir Jenderal Polisi Ketut Untung Yoga Ana, selain perdana menteri, mantan perdana menteri, kepala kepolisian Federal Australia, 60 pejabat senior pemerintahan, 25 polisi, staf Kedutaan Besar di Jakarta hingga politisi negeri kangguru juga dijadwalkan akan hadir. Untuk pengamanan perdana menteri, akan dilakukan sesuai pengamanan VVIP yang akan bekerjasama dengan Pasukan Pengamanan Presiden. Sekitar 1000 personel kepolisian akan disiagakan di areal peringatan tersebut. Yoga memperkirakan sekitar 4.000 orang akan memadati upacara peringatan Bom Bali I, termasuk dihadiri oleh para keluarga korban baik dari Australia, WNI maupun dari berbagai negara. Peringatan ke sepuluh tahun tragedi menyedihkan ini juga  akan menjadi peringatan terakhir untuk diperingati.
  2. Massa dari Forum Bersama Perduli Umat Islam Tasikmalaya, menyegel restoran Mc Donald di Jalan HZ Mustofa, Tasikmalaya, Jawa Barat (21/9) sebagai bentuk protes terhadap Amerika Serikat atas film ‘Innocence of Muslim’ yang dianggap melecehkan umat Islam. Peserta aksi kecaman terhadap film yang menghina Nabi Muhammad itu, terdiri massa Resimen siswa PUI, LPPU, FPI, HMI, SMK Bina Lestari, Pemuda Bulan Bintang, HIsbulloh dan LPI. Penyegelan dilakukan dengan memasang kertas karton di pintu gerbang bertuliskan permintaan untuk menutup restoran selama tujuh hari ke depan. Aksi ini juga sebagai protes keras kepada produk perusahaan AS.
  3. Densus 88 Antiteror Mabes Polri terus menggelar operasi penangkapan teroris poros Solo-Depok-Jakarta. Dan operasi tersebut membawakan hasil, terduga teroris bernama Joko Tripriyanto alias Joki Parkit ditangkap di Solo (21/9) pukul 11.00 WIB. Joko ditangkap tanpa perlawanan, dia diduga berperan menyimpan bahan-bahan pembuat bom untuk melancarkan aksi teror bersama kelompoknya. Sejumlah bahan kimia untuk merakit bom pun diamankan dari kediaman Joko.  Dalam waktu sehari Densus 88 juga berhasil membekuk 8 terduga teroris yang tergabung dalam poros Solo-Depok-Jakarta. Mereka adalah Badri, Rudi, Kamidi, Indran, Nopem, Fajar, Barkah, dan Triyatno. Mereka merupakan DPO pelatihan teroris di Poso, Sulawesi Tengah, beberapa bulan lalu. Dan saat ini polisi masih mengejar dua orang dan lainnya yang berhasil melarikan diri.
  4. Amerika Serikat mengecam salah seorang menteri Pakistan yang menggelar sayembara berhadiah uang tunai sebesar USD100 ribu ( RP 954 juta) bagi siapapun yang berhasil membunuh sutradara Innoncent of Muslim. AS menilai hal ini tidak pantas dilakukan. Menteri Kereta Api Pakistan Ghulam Ahmad Bilour mulai berkomentar di saat negaranya menggelar aksi demonstrasi menentang munculnya film anti-muslim di AS. Bilour juga mengundang Taliban dan Al Qaeda untuk berpartisipasi dalam sayembara itu. Pernyataan Bilour langsung mendapat kecaman dari AS. “Presiden dan Menteri Luar Negeri AS mengatakan, mengecam video ini, namun mereka tidak membenarkan pula akan adanya aksi kekerasan untuk menyikapi isu tersebut. Maka dari itu ucapan Bapak Bilour sangat tidak pantas. Kami tahu, para pejabat di kantor Perdana Menteri Pakistan tidak mendukung pernyataan itu,” ujar Kementerian Luar Negeri AS seperti dikutip BBC.
  5. Penjagaan di Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali semakin diperketat dengan menempatkan petugas bersenjata lengkap dengan baju rompi anti peluru. Upaya ini dilakukan untuk mengantisipasi munculnya gangguan keamanan termasuk isu kelompok teroris yang akan masuk Bali. Pemeriksaan dilakukan baik orang maupun kendaraan yang hendak ke Bali. Pemeriksaan di pintu masuk Bali ini dilakukan oleh petugas kepolisian Polres Jembrana. Sejumlah anggota korps Brimob Polda Bali juga diturunkan dan ikut melakukan pemeriksaan. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi peristiwa penembakan ke petugas jaga seperti yang terjadi di Solo beberapa waktu lalu.
  6. Jaringan teroris kelompok Thorik yang tertangkap di Solo, Jawa Tengah ( 22/9) kemarin diduga sudah siap bereaksi. Perkiraan tersebut muncul berdasarkan temuan bom di beberapa lokasi penangkapan. Mereka kemungkinan akan bereaksi saat perayaan bom Bali I yang jatuh pada tanggal 12 Oktober mendatang.  Kenapa Bali? Bom Bali menjadi kenangan tersendiri bagi kelompok teroris, pasalnya dibandingkan bom lainnya di Indonesia, bom Bali I sangat menjadi perhatian semua pihak termasuk dunia. Namun beruntung beberapa jaringan Thorik sudah tertangkap, namun keamanan terus harus ditingkatkan mengingat masih ada banyak anggota jaringan teroris lainnya yang masih berkliaran.
  7. Protes di tanah air menanggapi pembuatan film ‘innocence of muslims’ membuat Dewan Perwakilan Rakyar bertindak. Komisi VIII DPR bidang urusan agama memanggil Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Scot Marciel hari ini ( 24/9). Ketua Komisi VIII DPR Ida Fauziah mengungkapkan perihal pemanggilan Dubes AS itu, karena ingin mendengarkan penjelasan mengenai sejauh mana langkah yang akan diambil pemerintah AS terkait film anti-Islam tersebut. Ida menambahkan pemanggilan ini dilakukan untuk merespons aspirasi masyarakat Muslim seputar kontroversi film tersebut.
  8. Calon Gubernur DKI Jakarta terpilih, Joko Widodo akan mengulang kebiasaannya yakni tidak akan mengambil gaji serta tunjangan jika nanti resmi menjadi Gubernur DKI Jakarta. Jokowi rela menghibahkan gaji adan tunjungannya sebagai Gubernur DKI yang kurang lebih sekitar 800 juga per bulan untuk kegiatan sosial.
  9. Aksi mogok kerja nasional buruh akan digelar awal Oktober. Himpunan buruh yang tergabung dalam Sekretariat Bersama Buruh akan menggelar  aksi mogok kerja nasional pada 3 Oktober mendatang. Mereka menuntut penghapusan sistem tenaga alih daya karena menilai sistem ini merugikan para buruh.  Pada 3 Oktober yang dijadwalkan menjadi hari mogok kerja nasional, para buruh juga akan turun ke jalan yang rencananya akan digelar di sejumlah titik di kawasan industri di seluruh Indonesia.
  10. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beserta rombongan tiba di Bandara Udara John F Kennedy, New York, Amerika Serikat ( 23/9) waktu setempat setelah melalui pejalanan sekitar 30 jam. Di Amerika Serikat, selain dijadwalkan akan melakukan serangkaian kegiatan dengan agenda bilateral dan multilateral dalam sidang Majelis Umum PBB, Presiden SBY juga akan menerima dua penghargaan. Dua penghargaan itu ialah Valuing Nature Awards for Leadership in the Coral Triangle Initiative dari The Nature Concervancy, WRI & WWF, juga USABC 21st Century Economic Achievement.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?49294

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :