Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beserta rombongan tiba di bandar udara John F Kennedy, New York, Amerika Serikat, Minggu pukul 08.30 waktu setempat (20.30 WIB). SBY akan berada di AS selama seminggu.

Di Amerika Serikat, Presiden dijadwalkan melakukan banyak kegiatan dengan agenda bilateral dan multilateral, di antaranya mengikuti pembukaan sidang ke-67 Majelis Umum PBB dan menjadi pembicara dalam debat umum sidang tersebut.

Presiden SBY bersama Presiden Liberia dan Perdana Menteri Inggris akan memimpin pertemuan pertama High Level Panel on the Post-2015 Development Agenda.

Presiden juga akan menghadiri pertemuan G7+, yang beranggotakan 17 negara pernah dilanda konflik. Presiden dalam kesempatan itu akan memaparkan pengalaman Indonesia dalam penyelesaian konflik.

Presiden juga menjadwalkan sejumlah pertemuan bilateral dengan pemimpin negara, yang hadir dalam sidang PBB tersebut, seperti Presiden Mesir Mohamed Morsy, Presiden Bulgaria Rosen Plevneliev, Presiden Finlandia Sauli Niisito, Presiden Sidang Majelis Umum PBB, Presiden Jerman Joachim Gauck, dan Perdana Menteri Italia Mario Monti.

Presiden juga akan menghadiri Indonesia Investments Day di New York Stock Exchange dan dijadwalkan bertemu dengan pemodal besar di Amerika Serikat.

Di New York, Presiden SBY juga akan menerima dua penghargaan, yakni “Valuing Nature Awards for Leadership in the Coral Triangle Initiative” dari The Nature Conservancy, WRI & WWF, serta “USABC 21st Century Economic Achievement” dari US-ASEAN Business Council.

Kedua penghargaan tersebut disampaikan sebagai bentuk penghargaan atas berbagai kemajuan ekonomi Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden SBY dan atas komitmen Indonesia dalam melestarikan lingkungan.Penghargaan tersebut akan disampaikan dalam kegiatan bertema “Indonesia: Towards Environmental and Economic Sustainability”.

Selain itu, dalam peluncuran “Journal Strategic Review”, Presiden SBY akan menyampaikan pidato kunci dan menerima medali dari Foreign Policy Association sebagai pengakuan dan penghargaan atas peran dan kepemimpinan beliau dalam memajukan perdamaian serta pembangunan dunia. (1002)

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?49245

Untuk melihat artikel Khusus lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :