Namanya mungkin asing dan belum banyak dikenal orang, tapi ia punya cita-cita mulia yang didedikasikan untuk anak-anak Indonesia yang kurang mampu.  Dia adalah Ir. Berry Natalegawa, yang akan melakukan aksi nekad jalan kaki sejauh 1.065 kilometer menyusuri jalan raya Jakarta – Surabaya demi mengumpulkan dana.

Berry mengaku, aksinya ini bukanlah karena ia ingin dibilang sok gagah dan dermawan, tapi upaya jalan kaki selama 20 hari ini merupakan salah satu upaya untuk mengumpulkan dana yang nantinya akan diberikan kepada anak-anak yang kurang mampu, kaum miskin yang menderita sakit keras.

Dalam jumpa pers yang ia gelar bersama pendiri ESQ Leadership Center, Ary Ginanjar Agustin, Sabtu ( 15/9) Berry mengungkapkan tujuannya melakukan aksi nekat. “Mereka butuh bantuan kita. Saya meneguhkan diri untuk melakukan aksi jalan kaki sejauh 1.065 km. Tujuannya mengumpulkan dana bagi kaum fakir miskin dan anak yatim piatu yang sedang sakit berat,” paparnya.

Adik kandung Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa ini juga mengungkapkan, langkah yang ia tempuh ini memang tidak mudah, dan memerlukan keiklasan, fisik yang fit, bahkan keteguhan hati dan keyakinan kuat untuk menggapai harapannya.

Berry akan berjalan kaki dari Jakarta hingga Surabaya mulai tanggal 16 September – 6 Oktober 2012, pelepasan pertama  Berry menuju Surabaya dipimpin oleh ESQ Ary Ginanjar dan Menlu Marty Natalegawa pada 16 September lalu, di Menara ESQ 165, Jl TB Simatupang, Cilandak, Jakarta Selatan.

Sebelumnya, aksi jalan kaki juga pernah ia lakukan pada tahun 2010. Demi menggalang dana sekaligus menyalurkan donasi dengan Berry rela berjalan kaki dari Monumen Nasional, Jakarta hingga ke Depok. Aksinya ini ia lakukan sehari sebelum puasa Ramadhan 10 Agustus 2010.  Di aksinya ini ia dapat mengumpulkan dana sebesar Rp 200 juta.  Dari dana tersebut, Berry langsung mendonasikan ke posyandu untuk para lansia, panti asuhan anak-anak berkebutuhan khusus, rumah belajar sosial, rumah singgah anak-anak jalanan, dan berbagai panti asuhan lainnya.

Hal yang sama pun pernah ia lakukan semasa ia berada di Inggris. Ia melakukan aksi berjalan kaki sejauh 700 kilometer seorang diri dari London, Inggris ke Edinburgh, Skotlandia pada Mei 2012 lalu. Ia melakukan aksi tersebut untuk hal yang sama yaitu mengumpulkan dana untuk anak-anak terlantar dan kurang beruntung yang ada di seluruh dunia. Penggalangan dana kemanusiaan ini ia sebut sebagai ‘Life’s Walk’ dan ia berhasil mengumpulkan dana sebesar 4.300 poundsterling dan langsung didonasikan melalui Unicef.

Tekadnya sudah bulat untuk membantu dan mengumpulkan dana untuk orang-orang yang kurang beruntung, bahkan bukan hanya aksi jalan kaki saja. Berry pun berencana akan melanjutkan perjuangannya dengan membuka website Life’s Walk hingga tahun 2015. Berry berserta keluarganya akan mencoba mempromosikan life’s walk seluruh dunia melalui jejaring sosial di internet. Ia berharap aksinya ini bukan hanya dapat membantu tapi juga bisa menginspirasi masyarakat luas agar terketuk hatinya dan dapat ikut serta memperhatikan kaum yang kurang beruntung.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?49071

Untuk melihat artikel Jakarta lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
_____________________________________________________

Supported by :