Kaukus Indonesia–AS akan kembali aktif. Kerjasama antar parlemen dua negara itu diharapkan dapat mempererat hubungan dua negara.

Pengaktifan kembali kaukus itu dilakukan oleh Wakil Ketua DPR, Priyo Budi Santoso pada minggu lalu. Peresmian dilaksanakan di kediamaan Dubes Amerika Serikat Scot Marciel, dihadiri para pendiri dan anggota kaukus periode DPR sebelumnya, Marzuki Darusman, Ade Nasution dan Theo Sambuaga.

Anggota DPR dari PDIP yang juga anggota kaukus itu, Eva Kusuma Sundari, menjelaskan bahwa kaukus parlemen Indonesia-America ini memiliki jumlah keanggotaan yang cukup besar yaitu 41 anggota DPR.

Para anggotanya mewakili sembilan fraksi yang ada di DPR saat ini, diantaranya, putri Megawati Soekarnoputri, Puan Maharani serta bungsu Presiden SBY, Edhie Baskoro. Haryono Isman dari Partai Demokrat dan Bobby dari Partai Golkar juga adalah anggota.

“Keistimewaan yang lain, anggota Kaukus akan terbagi menjadi 4 pokja (kelompok kerja) ; Pokja Ekonomi (meliputi perdagangan, investasi), Pokja Hankam dan Stabilisasi Kawasan, serta Pokja Sosial (meliputi pendidikan,budaya dan sosial),” kata Eva kepada wartawan Sabtu (7/4). Dalam waktu dekat mereka diundang parlemen AS untuk lakukan kunjungan ke negara itu.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?38024

Untuk melihat artikel Khusus lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :