1. Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Konsolidasi Mahasiswa Nasional Indonesia (Konami) Senin (30/1) menggelar unjukrasa di depan Istana Merdeka, Jakarta Pusar. Massa yang berjumlah lebih dari 300 mahasiswa delegasi 128 perguruan tinggi dari 21 provinsi tersebut melakukan aksi jalan kaki dari kampus Universitas Satya Negara Indonesia (Usni) menuju Tugu Tani dan berakhir di Istana Merdeka. Ada tiga konsolidasi yang akan disampaikan dalam unjukrasa tersebut, diantaranya seluruh mahasiswa mengaku sudah bersatu dengan seluruh rakyat Indonesia. Kedua, meminta rezim SBY-Boediono turun dan diadili seadil-adilnya serta mencabut mandat DPR-MPR.

2. Amerika menolak pasokan minyak kelapa sawit mentah dan turunannya dari Indonesia per 28 Januari kemarin. Amerika menganggap kelapa sawit Indonesia dinilai hasil dari produk yang tidak ramah lingkungan. Disampaikan Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi di Indramayu. “Notifikasinya sudah saya terima. Kita diberi waktu hingga 27 Februari untuk melakukan pembantahan. Kami minta pihak-pihak terkait untuk segera melakukan bantahan,”paparnya. Ditambahkan Bayu keputusan Amerika Serikat itu diambil berdasarkan pengaduan Noda EPA, yaitu otoritas setempat yang perduli pada persoalan lingkungan hidup.

3. Cuaca ekstrim disinyalir dapat menimbulkan kelembaban udara yang tinggi sehingga dapat memicu berkembangnya virus H5N1 atau flu burung. Untuk mengantisipasinya Dinas Pertanian Daerah Istimewa Yogyakarta tahun ini menyediakan sekitar 200.00 vaksin unggas antisipasinya.

4. Presiden Bambang Yudhoyono meresmikan Alquran Al Akbar di Hotel Novotel, Palembang. Alquran raksasa yang berisi 30 juz yang terbuat dari pahatan kayu ini memecahkan rekor sebagai Alquaran terbesar dan pertama kalinya yang ditulis dari pahatan kayu. Alquran ini karya tokoh muda Islam sekaligus politisi asal Sumatera Selatan, Syofwatillah Mozaib. Kini Alquran raksasa ini disimpan di Pesantren Al Ikhsaniyah, Gandus, Palembang.

5. Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan para operator stasiun bumi Landast atau Landast Ground Station Operators Working Group (LGSWOG) ke-40, di Legian, Bali pada 30 Januari – 3 Februari 2012. Dilansir siaran pers Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) (28/1) di Jakarta, menyebutkan negara-negara seperti Amerika Serikat, Argentina, Australia, Afrika Selatan, Brazil, China, Ekuador, India, Jepang, Italia, Kanada dan Saudi Arabia akan membahas aktivitas dan persiapan akusisi data Landast oleh operator stasiun bumi di dunia.

6. Dampak puting beliung di berbagai daerah di Indonesia sejak Rabu (25/1) hingga Minggu (29/1) menelan banyak korban. Sedikitnya 14 orang tewas dan 60 luka-luka. Dari data Posko Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat 35 kabupaten/kota di seluruh Jawa dan Bali diterjang puting beliung. Bencana tersebut telah mengakibatkan lebih dari 2.364 rumah rusak.

7. Republik Federal Papua Barat mengupayakan pengakuan internasional. Hal itu disampaikan Ketua Dewan Adat Papua Fokorus Yoboisembut yang tengah mengupayakan pengakuan internasional atas keberadaan negara Republik Federal Papua Barat. Untuk mendapatkan pengkauan substansial dan bermartabat dari masyarakat internasional, Forkorus menyatakan pihaknya telah meminta pengacara hokum international untuk mendaftarkan status hokum Negara itu keberbagai pihak. Bahkan pihaknya melalui pengacara internasional juga terlah mendaftarkan kasus aneksasi wilayah Papua Barat oleh Indonesia kepada Mahkamah Internsional, Amnesti Internasional dan PBB.

8. Mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) membuat satu trobosan baru dengan membangun sekolah tahan gempa. Melalui program Sipil Bangun Desa (Sibedes), Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS) ITB membangun sekolah tahan gempa di daerah Pengalengan, Bandung. Sekolah terpilih adalah SDN Puncakraya yang pada 2009 lalu hancur akibat gempa bumi.

9. Minyak mentah Indonesia semakin tipis. Itulah yang disampaikan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik. Salah satu faktor kenapa pemerintah mengupayakan diversifikasi bahan bakar minyak (BBM) ke bahan bakar gas adalah karena sumber daya minyak mentah Indonesia kian tipis. Kondisi ini berbeda dengan sumber daya gas alam yang justru berlimpah ketimbang minyak. Selain itu Jero juga menyebutkan alasan lain pemerintah untuk diversifikasi ke bahan gas adalah untuk meningkatkan ketahanan energi nasional baik untuk jangka pendek amupun jangka panjang.

10. Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie meluncurkan novel inspiratif mengisahkan masa kecilnya berjudul “Anak Sejuta Bintang’ di Museum Nasional, Jakarta Pusat (29/1). Tokoh utama dalam novel setebal 400 halaman yang dicetak 15 ribu buku itu sendiri adalah Aburizal Bakrie, yang akrab disapa Ical. Dalam buku itu dikisahkan keriangan dan masa kecil Ical ketika masih TK sampai SMP. Menurut Ical pribadi, buku tersebut berisikan norma kehidupan bagaimana seorang anak menghargai orang tua, displin terhadap waktu, menghargai pertemanan dan semangat mengejar cita-cita.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?37810

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :