Amerika Serikat (AS) akan menginvestasikan dana sebesar US$ 19,7 juta (Rp176 miliar) untuk pengembangan pendidikan tinggi di Indonesia. Melalui program Kepemimpinan dan Manajemen Pendidikan Tinggi (HELM), dana ini akan dialokasikan melalui USAID untuk jangka waktu lima tahun ke depan.

“Presiden Barack Obama dan Presiden Yudhoyono setuju bahwa salah satu kerjasama yang paling penting adalah dalam hal pendidikan. Indonesia mengambil inisiatif untuk mengembangkan pendidikan tingginya, maka AS sebagai mitra memberikan dukungan agar usaha tersebut bisa sukses,” kata Duta Besar AS Scot Marciel di Jakarta, Jumat (27/1).

Marciel menekankan, tujuan program ini adalah untuk membantu mengembangkan pendidikan tinggi, mulai dari wilayah barat hingga wilayah timur di Indonesia. Dasar-dasar penting pendidikan tinggi seperti transparansi, tata kelola, dan efisiensi menjadi salah satu fokus HELM.

Dana diberikan secara bertahap lewat pengadaan pelatihan dan workshoppengembangan kapasitas. “Selama dua tahun pertama, HELM akan diadakan di 50 kampus besar di Indonesia. Selama tiga tahun berikutnya, diharapkan 3.000 universitas lainnya di Indonesia mampu belajar dari kampus-kampus besar ini,” ungkap Direktur Pendidikan USAID, Margaret Sancho.


Program ini akan mencakup pertukaran pengalaman kepemimpinan dan manajemen, keahlian ilmiah dan teknis, dan pemahaman lintas budaya antara AS dan Indonesia. Program ini juga memperkenalkan pendekatan baru untuk meningkatkan pelayanan pendidikan tinggi, menurunkan biaya kuliah, dan meningkatkan kualitas pendidikan.


Wakil Menko Kesra Agus Hartono mengharapkan semua perguruan tinggi bisa ikut serta dalam program ini. Sebab, selama ini pendidikan tinggi menjadi contoh terdepan pengembangan pemerintahan di Indonesia, sehingga kapasitasnya sangat perlu ditingkatkan. “Apalagi dengan semakin banyaknya isu-isu yang mengemuka akhir-akhir ini, program pembangunan pendidikan tinggi tentulah diperlukan,” ujarnya.


Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?37805


Untuk melihat artikel Pendidikan lainnya, Klik disini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
______________________________________________________

Supported by :