Curah hujan yang cukup besar sudah mulai landa Jakarta. Beberapa kawasan Jakarta terlihat mulai tergenang. Misalnya kawasan Pondok Labu. Genangan air setinggi lutut sudah mulai melanda kawasan itu selama beberapa hari.

Namun Gubernur Jakarta, Fauzi Bowo membantah isu yang berkenaan dengan banjir besar yang diperkirakan landa Jakarta. “Saya kira kalau itu pendapat atau isu dimaksudkan untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat, bagus-bagus saja agar kita sedia payung sebelum hujan. Tapi kalau maksudnya untuk menakut-nakuti, itu tidak pada tempatnya,” kata Fauzi Bowo di Balaikota DKI, Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan, maraknya isu Kota Jakarta akan dilanda banjir besar atau banjir lima tahunan telah membuat khawatir seluruh warga Ibukota, padahal pihaknya telah melakukan berbagai upaya termasuk pengerukan sungai, penyelesaian 123 titik genangan air hingga perluasan gorong-gorong di sejumlah ruas jalan protokol.

Untuk menghadapi kemungkinan bencana banjir besar di ibukota, Fauzi menyatakan seluruh masyarakat dan stakeholder terkait harus siap untuk menghadapi keadaan terburuk.

Foke mengaku sudah mendengar hasil pemaparan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tentang kemungkinan banjir Jakarta 2012 yang bisa menyerupai banjir besar 2007 lalu.

Namun, Fauzi menegaskan, banjir besar di ibu kota hanya akan terjadi apabila curah hujan di hulu pegunungan sangat tinggi dan terjadi secara terus menerus. “Saya pernah sampaikan di Kantor Wakil Presiden apa yang tidak kita harapkan. Saya kira kondisi terburuk yang dihadapi di Jakarta, misalnya di hulu gunung tiga hari tiga malam hujan tak berhenti di Jakarta, kemudian air lalu pasang. Itu situasi paling buruk. Tapi apakah itu akan terjadi begitu ? Kan belum tentu,” tuturnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Arfan Arkili, menegaskan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Hasilnya, Jakarta tidak akan mengalami banjir besar seperti tahun 2007 lalu, sebab, curah hujan yang akan terjadi di Jakarta diprediksikan tidak terlalu tinggi.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?37560

Untuk melihat artikel Jakarta lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
_____________________________________________________

Supported by :