Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudoyono dan Menteri Pertahanan Amerika Serikat Leon Panetta bertemu di Bali, Senin (24/10). Kunjungan Leon Panetta ini dalam rangka ASEAN Defence Ministerial Meeting. Mereka membahas kerjasama bidang militer.

Sehari sebelumnya, Leon Panetta telah bertemu dengan Menteri Pertahanan Indonesia, Purnomo Yusgiantoro. Dalam pertemuan itu pemerintah Amerika Serikat menyatakan komitmennya untuk menyediakan alat utama sistem senjata (Alutsista) bagi Indonesia. Namun ia mengatakan bahwa pihaknya belum mengetahui jenis alutsista yang akan diberikan kepada Indonesia. Sebelumnya selama sepuluh tahun Amerika Serikat melakukan embargo persenjataan ke Indonesia. Embargo dilakukan karena Indonesia dianggap telah melakukan berbagai pelanggaran HAM ketika pemerintahan Soeharto.

Komando Pasukan Khusus (Kopassus) dituding bertanggung jawab atas berbagai pelanggaran HAM di Timor Timur, Aceh dan Papua semasa kekuasaan orde baru yang tumbang tahun 1998. Seorang pejabat Kementrian Pertahanan Amerika Serikat mengatakan secara bertahap dan terbatas, kerja sama dengan Kopasus mulai dihidupkan kembali pada 2010 oleh Menteri Pertahanan Robert Gates.

Pemerintah Amerika Serikat kemudian mendukung pembentukan ASEAN Security Community yang akan diwujudkan pada 2015. Purnomo mengatakan, saat ini Amerika juga sudah membantu dengan pemasangan sistem radar di Selat Malaka dan akan dikembangkan di selat Sulawesi.Panetta mengatakan, Amerika Serikat sebagai negara pasifik juga akan terus memperkuat keberadaannya di berbagai bagian dunia.

“Saya sebagai Menteri Pertahanan yang berasal dari pantai pasifik Amerika Serikat yang lahir dan dibesarkan di Kalifornia dan yang menghargai samudera pasifik itu, membuatnya sangat jelas bahwa kami akan tetap sebagai kekuatan untuk perdamaian dan kesejahteraan di wilayah ini,” ujar Panetta.

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?37470

Untuk melihat artikel Utama lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

_______________________________________________________________

Supported by :