1.   Abu Bakar Ba’asyir mengaku tidak mengenal Beni Asri, terduga
teroris yang berhasil diringkus Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Mabes Polri di
Jorong Kasiak, Solok, Sumatera Barat, pada hari Jumat, 30 September 2011, lalu.
Pernyataan ini disampaikan pimpinan Jamaah Ansharut Tauhid (JAT) tersebut di
Mabes Polri, Senin (3/10). Ia juga meminta agar pelaku tindak pidana korupsi
untuk tidak selalu dikaitkan dengan dirinya maupun organisasi yang dipimpinnya.

2. DPR mempertanyakan sejumlah Berita Acara Penyidikan (BAP) di
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang dengan mudahnya diketahui publik. Hal ini
disampaikan Ketua Komisi III DPR RI, Benny Harman, saat rapat konsultasi
bersama pimpinan KPK di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (03/10). “Kita semua
tahu, setiap kali ada pemeriksaan yang dilakukan KPK, selalu saja ada BAP yang
bocor di kalangan masyarakat luas. BAP ada di jalan-jalan,” tegas Benny.

3.  Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi Mallarangeng menegaskan, persiapan
penyelenggaraan SEA Games XXVXI yang akan berlangsung pada 11-22 November di
Palembang sudah mendekati angka 100 persen. “Persiapan sudah mencapai
100 persen. Di Jakarta sendiri sudah selesai semuanya, kecuali di Cipule,
tinggal finishing touch,” ucap Menpora, Senin (3/10).

4. Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar mengaku bahwa
dirinya tidak terlibat sama sekali dengan percobaan kasus suap sebesar Rp 1,5
miliar yang ditudingkan kepada dirinya, terkait program percepatan
pembangunan infrastruktur daerah transmigrasi yang melibatkan dua anak buahnya I Nyoman Suisnaya dan Dadong Irbarelawan, beserta kuasa direksi PT Alam Jaya Papua, Dharnawati.
Ia juga menegaskan bahwa tidak ada perintah darinya kepada anak buahnya
tersebut. “Tidak pernah ada perintah dari saya, tidak ada pembicaraan langsung
ataupun tidak langsung dengan saya,” ucap Muhaimin saat diperiksa sebagai saksi
di Gedung KPK, Jakarta, Senin (3/10).

5. Mabes Polri menyampaikan bahwa Beni Asri terduga teroris yang ditangkap Tim Densus 88 di Solok, Jumat (30/09) lalu bagian dari jaringan pelaku bom bunuh diri di Cirebon, Muhammad Syarief. “Dia masuk DPO kita, masuk dalam kelompok M Syarif. Mereka itu masih satu kelompok,” ucap Kadiv Humas Polri Irjen Pol Anton Bachrul Alam, Senin (3/10). “Kemarin jam 12.00 itu dia sedang naik motor lalu dilakukan penangkapan di ujung kampung Desa Kubang,” kata Anton. 

6. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres)  Nomor 64 Tahun 2011 tentang Pemeriksaan Kesehatan dan Psikologi Calon TKI. Perpres tersebut ditandatangani pada 20 September lalu. Kepala BNP2TKI Jumhur HIdayat mengatakan, bahwa Perpres tersebut penting guna memastikan kesehatan calon TKI, baik secara mental dan fisik. “Sesuai Perpres itu maka yang berangkat ke luar negeri adalah calon TKI yang benar-benar telah dinyatakan sehat secara fisik dan mental, termasuk melalui pemeriksaan psikologi,” jelas Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), Jumhur Hidayat, Senin (3/10).

7. Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Busyro Muqoddas membantah ada pengalihan isu terkait pemeriksaan pimpinan Badan Anggaran DPR yang dilakukan KPK. “Keuntungan untuk kami apa? Tidak ada gunanya, dan itu buka model kami, malah bisa menimbulkan blunder kalau itu dilakukan,” kata Busyro dalam rapat konsultasi di Gedung DPR, Jakarta, Senin (3/10). Busyro menjelaskan bahwa pemeriksaan empat orang pimpinan Badan Anggaran DPR yakni Melchias Markus Mekeng, Tamsil Linrung, Olly Dondokambey dan Mirwan Amir tersebut merupakan tindak lanjut atas pengembangan penyidikan kasus suap di Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi. 

8.  Ketua DPR RI Marzuki Alie meminta agar KPK bisa mempertimbangkan pemeriksaan para pimpinan Badan Anggaran sampai awal November, hal tersebut didasarkan atas pertimbangan bahwa pembahasan RAPBN 2012 harus tuntas pada akhir Oktober 2011 mendatang. Marzuki berharap agar pemeriksa terhadap pimpinan Badan Anggaran sebaiknya tidak dilakukan sekaligus. “Ini semata-mata demi kepentingan rakyat. Waktu yang tersisa sesuai dengan aturan perundangan yang dimiliki oleh DPR itu tinggal 28 hari lagi,” katanya.

9. Staf Khusus Kepresidenan Bidang Politik, Daniel Sparingga memastikan bahwa reshuffle Kabinet Indonesia Bersatu II tetap akan dilakukan Presiden. Presiden SBY akan melakukan perombakan kabinetnya sehari sebelum masa pemerintahan keduanya ini masuk tahun ketiga. “Presiden telah mengeluarkan ekspresi sehari pertama sebelum memasuki tahun ke-3 akan ada tim dan awak baru di kabinet. Artinya kita tidak akan bisa lebih jelas sebelum 20 Oktober karena jatuh tempo tahun ke-3 tanggal 21 Oktober,” ungkap Daniel di Gedung PKB, Jakarta, Senin (3/10).

10. Status Gunung Anak Krakatau yang terletak di Perairan Selat Sunda masuk dalam level siaga. Berdasarkan pemantauan posko Pemantau Gunung Anak Krakatau di Pasauran, Serang, Banten, hembusan asap tebal  terus keluar hingga ketinggian 600-700 meter. Selain itu aktivitas gempa gunung tersebut juga meningkat sekitar 6.000-7.000 kali. “Status Gunung Krakatau naik dari II menjadi III atau siaga. Kenaikan status ini tercatat sejak tanggal 30 Oktober 2011,” kata Kepala Pos Pemantau Gunung Anak Krakatau di Pasauran, Tripambudi, Senin, (3/10).

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?37367

Untuk melihat artikel Top 10 Berita lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported by :