Suara takbir dan tahmid bergaung sejak pagi di Bohrer Park, sebuah arena olahraga yang pada hari Idul Fitri disulap menjadi tempat sholat berjamaah masyarakat Indonesia di daerah Washington, DC, dan sekitarnya.

Idul Fitri, 1 Syawal 1432 H, di Amerika jatuh pada hari Selasa (30/8) dan acara sholat berjamaah komunitas Indonesia tahun ini dihadiri sekitar 1.500 warga. Sebagai imam dan khotib shalat Idul Fitri kali ini adalah Yahya Hendi, imam dari Georgetown University dan Pusat Medis Angkatan Laut AS.

Dalam khotbahnya, Imam Yahya Hendi mengajak generasi penerus Islam asal Indonesia yang bermukim di Amerika agar bercita-cita tinggi. “Jangan hanya mimpi yang kecil-kecil. Tanamkan keyakinan bahwa kita bisa dan pasti bisa meraih cita-cita,” tuturnya.

Selepas sholat, Duta Besar Indonesia untuk AS Dino Patti Djalal menyampaikan kebanggaannya karena sholat Idul Fitri bisa terlaksana dengan baik, selepas gempa dan badai Irene.

“Masyarakat Indonesia bisa menjaga semangat kekeluargaan dan suasana lebaran yang begitu tinggi,” ujarnya. “Hari ini saya merasa seakan berada di Indonesia. Dan, saya bangga sekali menjadi orang Indonesia di Amerika, karena kita bisa mencerminkan kepercayaan diri sebagai Muslim yang modern dan moderat.”

Obama sampaikan Pesan Idul Fitri

Melalui rilis Kedutaan Amerika, Selasa (30/8) Presiden Amerika Serikat Barack Obama menyampaikan ucapan selamat Idul Fitri kepada umat muslim di seluruh dunia. “Michelle dan saya ingin mengirim ucapan selamat Idul Fitri kepada komunitas muslim di Amerika Serikat dan seluruh dunia,” katanya seperti dikutip dari laman iipdigital.usembassy.gov.

Obama mengatakan bahwa Ramadan menjadi momentum untuk keluarga dan komunitas berbagi kebahagiaan bersama dalam pengabdian, refleksi, dan pelayanan. Jutaan orang di dunia tergerak untuk berbagi dengan sesama yang kurang beruntung.

“Amerika Serikat akan terus berdiri bersama untuk menjunjung martabat dan hak semua orang, baik anak-anak kelaparan di Afrika atau anak-anak muda yang menuntut kebebasan di Timur Tengah dan Afrika Utara,” kata Obama. Seiring berakhirnya Ramadan, ia mengirim harapan dan doa terbaik untuk umat muslim di seluruh dunia yang terberkati. “Eid Mubarak,” kata Obama

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?37230

Untuk melihat artikel Amerika / National lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :