Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, memperingatkan badai tropis Irene yang kini bergerak menuju Kanada masih mengakibatkan bahaya besar yaitu banjir dan putusnya aliran listrik.

“Banyak warga Amerika yang masih berada dalam bahaya besar banjir dan pemutusan aliran listrik yang bisa menjadi lebih buruk saat sungai-sungai meluap beberapa hari ke depan,” kata Obama dalam pidatonya yang disiarkan televisi.

Obama menekankan kepada warganya bahwa meski kekuatan Irene berkurang namun bahaya belum sama sekali berakhir. “Upaya-upaya penanggulangan bencana tengah berlangsung dan saya serukan agar warga di lokasi bencana tetap mengikuti petunjuk para petugas di lapangan,” tambah Obama seperti diberitakan Antara.

Obama menegaskan bahwa dampak bencana ini akan terasa hingga beberapa waktu lamanya dan upaya pemulihan bisa berlangsung dalam jangka waktu lama. “Upaya-upaya penanggulangan bencana tengah berlangsung dan saya serukan agar warga di lokasi bencana tetap mengikuti petunjuk para petugas di lapangan.”

Pada Minggu (28/8), kecepatan Irene sudah menurun hingga 80km per jam. Dengan kecepatan yang ‘lambat’ ini, Irene diperkirakan sampai di Kanada pada Senin (29/8).

Badai Irene yang menghantam New York mengakibatkan kerugian hingga miliaran dolar Amerika. Meski kerusakan akibat hantaman Irene tidak separah yang dibayangkan, tetap saja bencana ini mengakibatkan luka mendalam bagi warga New York.

Pemerintah New York sendiri sudah mencabut perintah evakuasi 370.000 warganya dan berharap layanan kereta bawah tanah sudah bisa beroperasi kembali. Selain itu, Bursa Efek New York juga diharapkan dapat beroperasi seperti biasa awal pekan ini.

Badai Irene sejauh ini sudah menewaskan 18 orang dan suplai listrik untuk lebih dari tiga juta orang di New Jersey, Connecticut, dan New York sempat putus.
Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?37225
Untuk melihat artikel Amerika / National lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :