Jakarta, KabariNews.com – Kapal milik organisasi pecinta lingkungan Greenpeace yang legendaris, Rainbow Warrior II, mulai hari ini, Selasa (16/08) pukul 15.00 waktu Singapura, akan resmi memasuki masa pensiunnya sebagai kapal protes internasional.

Berdasarkan siaran pers yang diterima redaksi KabariNews.com, Selasa (16/08), kapal yang melegenda karena keterlibatannya dalam setiap aksi yang dilakukan para aktivis Greenpeace tersebut selanjutnya akan beralih fungsi sebagai kapal rumah sakit. Kapal rumah sakit ini akan dikelola oleh sebuah lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang bermarkas di Bangladesh, yang bernama Friendship.

Setelah 22 tahun mengarungi samudra di dunia untuk mempertahankan lingkungan, kapal ini selanjutnya akan menyandang nama baru, Rongdhonu, yang dalam bahasa Bangladesh berarti pelangi, dan akan mengarungi pesisir Bangladesh untuk memberikan bantuan medis kepada masyarakat yang tinggal di daerah terpencil.

Sementara itu, untung menggantikan Rainbow Warrior II, pembangunan kapal Rainbow Warrior baru, yakni kapal ketiga yang akan mengusung nama yang sama ini dikabarkan sudah hampir selesai, dan akan langsung bergabung bersama kapal-kapal Greenpeace lainnya untuk menandai ulang tahun Greenpeace yang ke-40 pada Oktober mendatang.

Rainbow Warrior II pertama kali berlayar untuk Greenpeace pada 1989 menggantikan Rainbow Warrior pertama yang dibom dan ditenggelamkan oleh agen pemerintah Prancis pada tahun 1985. Selama lebih dari dua dekade kapal ini telah berhadap-hadapan dengan sistem hukum dan menang, menghadapi para penjahat lingkungan, melakukan bantuan saat terjadi Tsunami 2004 di Asia Tenggara, memblokade pengiriman kayu ilegal yang ditebang dari hutan alam di dunia, percobaan senjata nuklir, perburuan paus, perang, perubahan iklim, dan kejahatan-kejahatan lingkungan lain di tiap samudra yang ada di dunia ini.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?37177

Untuk melihat artikel Khusus lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :