Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) I Partai Demokrat yang diikuti lebih 5.000 kadernya ini berakhir sukses. Tuntutan Kongres Luar Biasa (KLB) yang sebelumnya diprediksi, tak terjadi.

Partai tetap di bawah kepemimpinan duet Anas Urbaningrum dan Edhie Baskoro Yudhoyono. Pada penutupan Rakornas, Ketua Umum DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum mengajak seluruh kader yang hadir untuk lebih kompak dan solid dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai pengurus.

Anas berharap selesainya Rakornas ini sekaligus menunjukkan kemampuan dan kapasitas sebagai partai terbesar di republik ini. Demokrat, kata dia, telah mampu menunjukkan kemampuannya untuk menjadikan Rakornas sebagai forum organisasi yang cerdas dan sekaligus penuh tanggung jawab.

“Kita makin kompak dan solid, dan utuh bersatu, mempunyai daya juang dan dedikasi makin tinggi, dan rela memberikan yang terbaik bagi kemajuan masa depan bangsa yang kita cintai bersama,”kata Anas saat memberikan pidato penutupan Rakornas Partai Demokrat di Sentul International Conventional Centre, Bogor, Minggu (24/7).

Penutupan Rakornas Partai Demokrat kemarin sedianya diisi dengan pidato Ketua Dewan Pembina Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Namun, karena agenda selesai dengan cepat, akhirnya penutupan diisi dengan pidato Anas. SBY hanya memberikan pengarahan secara tertutup sekitar satu jam.

Hasil Rakornas yang digelar selama dua hari menghasilkan beberapa rekomendasi. Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat Jhonny Allen Marbun mengungkapkan, beberapa rekomendasi itu antara lain adalah partai harus meneguhkan jati diri sebagai partai tengah, nasional religius, reformis, dan memegang etika politik bersih, cerdas, dan santun.

Rekomendasi lain, lanjut dia, Partai Demokrat harus memperkuat kaderisasi sebagai sumber mata air demi kemajuan bangsa dan kesejahteraan rakyat. Selain itu, partai harus meningkatkan keberhasilan dalam pilkada untuk menyejahterakan rakyat.

“Partai juga harus meningkatkan pengelolaan partai berdasarkan prinsip-prinsip berdasarkan hasil kongres di Bandung. Harus semakin mampu melakukan komunikasi dengan rakyat, menegakkan disiplin kader, etika, dan sinergi kerja,”tandasnya.

SBY Minta Pengurus Dukung Ketua Umum

Sekretaris Dewan Kehormatan DPP Partai Demokrat Amir Syamsuddin mengungkapkan, dalam pembekalannya secara tertutup, Ketua Dewan Pembina Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) secara gamblang meminta agar kader partai mulai dari pusat hingga daerah diminta mendukung Anas secara penuh.

“Yang jelas, Pak SBY minta seluruh kader kompak sehingga ketumnya sekarang ini bisa menjalankan program-program partai dengan lebih baik, Pak SBY minta seluruh kader dari pusat hingga daerah memberi dukungan (kepada Anas),” jelas Amir. Permintaan SBY kepada kader Demokrat ini menegaskan pernyataannya saat menggelar keterangan pers di kediamannya di Puri Cikeas beberapa hari lalu.

Saat itu, SBY mengungkapkan kabar yang menyebut Anas akan diganti hanyalah isu semata yang sengaja disebarkan pihak-pihak tertentu untuk mengadu domba Demokrat. Ketua DPP Partai Demokrat Herman Khaeron mengungkapkan, instruksi SBY selaku ketua dewan pembina sudah sangat jelas agar kader menjaga kebersamaan dan solid menjalankan agenda partai.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?37070

Untuk melihat artikel Jakarta lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini
_____________________________________________________


Supported by :