Air putih adalah pelarut universal dan merupakan nutrisi utama yang mengandung semua mineral. Air merupakan zat yang paling penting bagi tubuh kita, karena sekitar 70-80 persen organ tubuh manusia terdiri dari air. Air memiliki banyak fungsi bagi tubuh, antara lain: untuk mengatur suhu tubuh sebagai pelumas sendi, melindungi organ dan jaringan tubuh, melembabkan jaringan mulut, mata dan hidung serta mencegah sembelit dan masih banyak lagi manfaatnya.

Kurangnya air dalam tubuh dapat menyebabkan terjadinya dehidrasi, yang akan menyebabkan gangguan pada sistem tubuh, termasuk pada tingkat kinerja, kognitif dan mood seseorang. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Lawrence Armstrong, PhD, menyimpulkan bahwa wanita lebih rentan dengan tingkat dehidrasi 1,3 persen terhadap dampak negatif dehidrasi pada kinerja, kognitif dan mood dibandingkan dengan pria.

Penelitian pertama yang dilakukan oleh Lawrence Armstrong, PhD melibatkan 26 pria dan 25 wanita dewasa sehat dengan usia 20-30 tahun. Para partisipan diminta untuk melakukan treadmill sebanyak 3×40 menit pada suhu ruangan kerja dan diminta untuk menyelesaikan tes kognitif.

Hasil penelitian menunjukkan dehidrasi sebesar 1,5 persen pada pria yang menyebabkan sulit berkonsentrasi dan mengingat, lelah dan tegang. Sementara pada wanita lebih cepat terkena dampak negatif dehidrasi yakni sebesar 1,3 persen yang menyebabkan lelah, mudah marah, binggung, mengantuk, hilang konsentrasi, pusing dan kesulitan dalam menyelesaikan tugas.

Hal senada dituturkan DR.dr. Saptawati Bardosono, MSc dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), “Masyarakat sebaiknya mewaspadai tanda-tanda dehidrasi baik ringan maupun yang berat. Tanda dehidrasi ringan/sedang adalah mulut kering dan lengket, mengantuk/lelah, haus, urinnya sedikit, airmata kering, otot lemah, sakit kepala serta pusing/ silau jika melihat matahari. Sedangkan tanda dehidrasi berat adalah haus berat, sangat mengantuk dan kebingungan, tidak berkeringat, urin tidak ada dan berwarna gelap, mata cekung, menggigil, kulit kering, tekanan darah rendah, nadi cepat serta kesadaran menurun. Salah satu cara untuk mengetahui status dehidrasi seseorang dengan cara PURI (pemeriksaan urin sendiri), dengan melihat grafik warna urin.” katanya.

Lanjutnya, air tak hanya bisa mempercantik kulit, mengkonsumsinya secara teratur juga bermanfaat membersihkan tubuh dari racun. Namun, banyak orang sering melupakan salah satu bagian penting dari nutrisi untuk tubuh. Banyak orang mengabaikan konsumsi air putih, termasuk saat bangun tidur.

“Air dalam tubuh digunakan oleh organ tubuh yang tidak pernah berhenti bekerja walaupun dalam keadaan tidur, termasuk otak, jantung, dan ginjal. Maka setelah bangun tidur, dianjurkan minum air putih,” katanya.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?36922

Untuk melihat artikel Kesehatan lainnya, Klik di sini.


Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

____________________________________________________

Supported by :