Hampir semua orang punya hobi berbelanja, namun terkadang belanja diluar kendali bisa jadi memperburuk keuangan Anda, belum lagi belanjaan diluar perencanaan yang bisa membuat anggaran jadi ‘bengkak’. Kebiasaan itu harus dihindari jika tidak ingin masalah baru menghampiri Anda dan keluarga.

Apa yang diperlukan untuk menghemat pengeluaran, sementara kebutuhan dan harga-harga dipasaran terus naik?

Tidak sulit untuk mengatur anggaran sesuai dengan kebutuhan. Yang diperlukan hanyalah kesabaran dan kecermatan Anda untuk menghitung jumlah pengeluaran dari pendapatan yang Anda peroleh. Ada pepatah mengatakan ‘Lebih besar pasak dari pada tiang’ yang bisa diartikan lebih besar pengeluaran dari pada penghasilan.

Berikut ini ada beberapa trik yang bisa dipraktekan untuk perencanaan anggaran sekaligus menghemat pengeluaran :

1. Siapkan daftar belanjaan

Hindari belanja kerena dorongan hati. Ada baiknya Anda buat daftar belanja sebelum pergi ke supermarket. Daftar itu berfungsi setidaknya memuat bahan makanan yang akan Anda masak beberapa hari kedepan. Cara ini bisa bermanfaat untuk menghindarkan Anda berbelanja dalam jumlah berlebihan.

2. Trik paket hemat

Untuk membatasi anggaran Anda bisa menggunakan trik ini, cari produk yang berada di rak paling bawah karena umumnya lebih murah daripada produk yang ada di rak atau atau sejajar dengan mata Anda. Atau jika ingin lebih berhemat lagi, Anda bisa mengganti produk makanan bermerek dengan produk keluaran supermaket

3. Buah dan sayur musiman

Umumnya buah dan sayur jika sedang musim dibandrol lebih murah. Trik ini bisa menghemat pengeluaran Anda 50 persen.

4. Manfaatkan promo

Cari produk yang sedang promo, misalnya beli satu dapat dua. Cara ini tentunya akan lebih menghemat pengeluaran Anda.

5. Hindari membeli makanan siap saji

Memasak makanan sendiri jauh lebih hemat dibanding membeli jadi. Terlebih jika Anda harus memasak untuk lebih dari dua orang. Cara ini pun tentunya lebih sehat, karena umumnya makanan siap saji lebih lebih tinggi kandungan garam, gula dan lemaknya, jadi Anda bisa mendapat dua manfaat sekaligus, yaitu hemat dan sehat.

Selamat berbelanja!

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?36769

Untuk melihat artikel Tips & Trik lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

____________________________________________________

Supported by :