Probolinggo, KabariNews.com – Sudah hampir dua pekan ini seluruh masyarakat di Probolinggo merasa resah karena serangan hama ulat bulu di desa mereka.
Jutaan ulat bulu menyerang sekitar sepuluh desa di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Akibatnya banyak warga yang mengeluh gatal-gatal hingga sesak nafas akibat terkena ulat bulu.
Menurut Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Probolinggo, Hasyim Ashari, serangan hama ulat bulu ini disebabkan oleh perubahan cuaca ektrsim yang terjadi saat ini. Selain itu, penggunaan pertisida yang tidak tepat dan mulai berkurangnya populasi burung liar di wilayah ini diduga juga menjadi pemicu perkembangan ulat bulu tersebut.
Desa-desa yang mengalami serangan ulat bulu di antaranya adalah Desa Tegal Siwalan, Desa Banjar Sawah, Desa Bullu Aran Lor dan Desa Paras.
Selain menyerang tanaman buah dan sawah, serangan hama ulat bulu ini sudah sangat mengkhawatirkan warga karena telah masuk ke dalam rumah-rumah warga juga sekolah.
Bahkan untuk melakukan aktifitasnya sehari-hari, warga di sini harus menggunakan payung guna menghindari kejatuhan ulat bulu dari atas pohon.
Untuk mengatasi populasi ulat bulu yang terus meningkat ini, warga setiap harinya melakukan pembersihan rumah-rumah mereka sebanyak 2 hingga 3 kali setiap hari dengan cara menyemprotkan air, menyapu dan membakar ulat yang terkumpul.
Pihak pemerintah setempat dibantu warga juga terus melakukan penyemprotan guna membasmi hama ulat bulu tersebut.

Untuk share atrikel ini klik www.KabariNews.com/?36531


Untuk melihat artikel Khusus lainnya, Klik di sini

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :