1. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memerintahkan Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa untuk segera mengirimkan bantuan ke Jepang, pasca terjadinya gempa bumi dan gelombang tsunami di negara tersebut, Jumat (11/03).
Presiden juga meminta agar perwakilan Pemerintah Indonesia di sana segera melakukan pendataan ulang keberadaan warga negera Indonesia (WNI). Saat kejadian, diperkirakan 24.000 WNI berada di sana.

2. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dituding telah melakukan penyalahgunaan kekuasaannya.  Hal ini disampaikan oleh dua buah media massa asal Australia, The Age dan Sydney Morning Herald.
Pemberitaan tersebut diungkapkan setelah bocornya kawat diplomatik Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta lewat situs Wikileaks. Dalam situs milik Julian Paul Assange ini, Presiden SBY disebut-sebut telah melakukan praktek rekayasa hukum dan politik guna melindungi para pelaku korupsi.

3. Polisi kembali menjaga ketat sidang keempat terdakwa Abu Bakar Ba’asyir atas kasus teroris. Sedikitnya sekitar 1.000 personil Kepolisian dari Polres Jakarta Selatan dan Polda Metro Jaya diterjunkan guna mengamankan sidang yang berlangsung di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan tersebut. 

Selain itu, terlihat juga beberapa kendaraan berat seperti water cannon dan baracuda di sekitar lokasi persidangan.

4. Akibat banjir bandang yang menyapu sejumlah desa di Kecamatan Tangse, Kabupaten Pidie, Aceh, Kamis (10/03) malam, sedikitnya 21 orang dinyatakan tewas dalam musibah tersebut.

Berdasarkan informasi yang disampaikan Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat (Humas) Pemerintah Aceh, Makmur Ibrahim, bantuan berupa logistik dan obat-obatan telah dikirimkan ke lokasi penampungan. Selain itu, tim SAR dan pejabat terkait termasuk Gubernur Aceh Irwandi Yusuf juga telah meninjau lokasi bencana.
Menurut data yang diperoleh, sekitar 102 rumah warga hancur dihantam banjir bandang yang disebabkan hujan lebat selama dua hari terakhir.

5. Proses lelang proyek pembangunan gedung baru DPR RI dimulai hari ini, Senin (14/03).  Menurut Sekretaris Jenderal (Sekjend) DPR, Nining Indra Saleh, pengumuman hasil lelang tersebut nantinya akan disampaikan kepada masyarakat luas melalui media massa.

Pada rapat Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) dan pimpinan fraksi DPR bulan Oktober 2010 silam, keputusan pembangunan gedung baru DPR pada awal tahun 2011 ini sudah mendapat persetujan. Pembangunan ini akan menggunakan alokasi dana dari APBN selama tiga tahun, yakni mulai anggaran 2011 hingga 2013, dengan total anggaran pembangunan sebesar Rp 1,164 triliun. Menurut Nining, anggaran tersebut berdasarkan perhitungan yang dibuat oleh Kementerian Pekerjaan Umum.

6. Kapolri Timur Pradopo melantik 16 jenderal baru dalam jajaran Polri, Senin (14/03). Dalam sambutannya, Kapolri menegaskan bahwa pelantikan tersebut untuk memenuhi kebutuhan organisasi Polri, serta sekaligus sebagai bentuk pemberdayaan sumber daya manusia di tubuh Polri.

“Mutasi jabatan ini untuk memenuhi kebutuhan organisasi dan merupakan penyegaran sumber daya manusia sebagai salah satu upaya bentuk tanggung jawab pada fungsi dan perannya,” tegas Kapolri di Mabes Polri, Jakarta.
Salah satu nama yang menempati posisi baru di Polri adalah Komisaris Jenderal (Komjen) Fajar Prihantoro yang diangkat sebagai Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri menggantikan Komjen Nanan Soekarna.

7. Kasus penyerangan terhadap warga Ahmadiyah kembali terjadi. Sejumlah rumah milik jemaah Ahmadiyah di Desa Ciaruteun Udik, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, diserang sekelompok orang tidak dikenal, Minggu (13/03).

Para pelaku melemparkan batu ke rumah-rumah warga Ahmadiyah. Beruntung kejadian ini tidak menimbulkan korban jiwa. Pihak kepolisian dari Polres Bogor dibantu personil TNI langsung mengamankan lokasi tersebut.
8. Lagi, kasus selebritis yang menggunakan narkoba kembali terungkap. Setelah drumer grup band PADI, Yoyok Padi, dan mantan artis cilik Iyut Bing Slamet, kini giliran personil grup musik Kangen Band, yaitu Andika dan Izzy, yang terbukti terlibat menggunakan narkoba. 
Berdasarkan tes urine yang dilakukan Badan Narkotika Nasional (BNN), Andika dan Izzy diketahui positif telah mengkonsumsi narkoba jenis ganja. Saat ini keduanya akan diikut sertakan dalam proses rehabilitasi di Lido, Bogor, Jawa Barat.
9. Presenter kawakan yang juga menjabat Anggota Komisi I DPR RI, Tantowi Yahya, tertarik untuk mencalonkan diri dalam pemilihan calon Gubernur DKI Jakarta pada 2012 mendatang. Tantowi Yahya mengaku bahwa dirinya akan maju ke pemilihan tersebut lewat Partai Golkar.
10. Sekitar 300 WNI dinyatakan hilang saat gelombang tsunami menyapu Jepang. Kedutaan Besar RI di Tokyo belum mendapatkan data pasti berapa jumlah warga Negara Indonesia yang hilang atau meninggal dunia akibat bencana gempa dan tsunami yang melanda Jepang, Jumat (11/3) pekan lalu.
Namun berdasar data di KBRI Tokyo, WNI yang bermukim di Prefektur Miyagi dan Iwake mencapai 414 orang. Bila dikurangi dengan jumlah WNI yang sudah direlokasi di lokasi pengungsian, maka 300 orang belum diketahui keberadaannya.
Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?36472

Untuk

melihat artikel Top
10 Berita lainnya
, Klik di sini


Mohon
beri nilai dan komentar di
bawah artikel ini

__________________________________________________

Supported

by :