New York, KabariNews.com – Perusahaan cepat saji McDonald’s baru-baru ini melakukan penarikan terhadap 12 juta gelas promosi bergambar tokoh film Shrek yang dikeluarkanya pada bulan Mei lalu.

Penarikan gelas promosi tersebut diduga terkait karena adanya kandungan zat berbahaya dalam cat yang dipakai.

Seperti dilansir BBC, Komisi Pengawasan Keamanan Produk Amerika Serikat (US Consumer Product Safety Commission) menyebutkan bahwa cat yang digunakan pada gelas tersebut diduga mengandung logam beracun kadmium yang dapat membahayakan tubuh.

Kadmium merupakan logam berat yang hampir sama dengan zat merkuri, penggunaan zat ini dalam jangka panjang dapat menggangu kesehatan dan dapat merusak ginjal, paru, hati serta sistem syaraf otak bila tercampur dalam makanan atau minuman.

Gelas yang dibadrol US$ 2 perbuah tersebut tersedia dalam beberapa karakter tokoh film Shrek, yakni Shrek, Princess Fiona, Donkey si keledai dan Puss In Boots.

Sementara itu, Juru Bicara McDonald’s, Bill Whitman mengakui bahwa pigmen dalam lukisan di gelas tersebut memang mengandung kadmium. Kadmium sendiri digunakan karena dapat menciptakan warna merah dan kuning dalam lukisan.

Pihak pengawas keamanan produk Amerika Serikat menyatakan bahwa anak-anak yang kebanyakan menggunakan gelas tersebut menjadi sangat rentan terkena zat berbahaya ini, terlebih lagi jika warna lukisan di gelas itu luntur dan menempel pada tangan, sehingga dapat masuk ke dalam tubuh bersamaan dengan makanan atau minuman yang dikonsumsi.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?35035

Untuk

melihat Berita Indonesia
/ Khusus
lainnya, Klik

di sini

Klik di sini
untuk Forum
Tanya
Jawab

Mohon beri nilai dan komentar
di bawah
artikel ini

______________________________________________________

Supported
by

: