Sirsak merupakan buah tropis yang cukup populer karena aroma dan rasanya yang khas. Daging buahnya berwarna putih susu, rasanya manis keasaman dan berbiji kecil. Buah ini mudah didapat, mulai dari pasar tradisional sampai supermarket. Buah sirsak pun bisa diolah menjadi berbagai macam penyajian. Selain bervitamin, sirsak juga banyak mengandung mineral dan zat fitokimia yang berkhasiat untuk kesehatan.

Sirsak punya banyak manfaat, di dalamnya terdapat zat-zat yang mampu menangkal asam urat, hipertensi, osteoporosis, dan bisa juga untuk obat awet muda. Khasiat lainnya, dapat meningkatkan daya tahan tubuh, menyembuhkan wasir, dan melancarkan pencernaan. Hebatnya lagi, ada penelitian yang menyatakan sirsak juga bisa menyembuhkan kanker.

Rasanya yang manis-manis kecut, memberikan sensasi tersendiri bagi para penikmatnya. Sirsak juga biasa disajikan dalam bentuk selai, jadi bagi Anda yang terbiasa sarapan pagi dengan roti, boleh juga untuk mencoba selai sirsak. Apalagi apapun bentuk olahannya, cita rasa sirsak tetap melekat kuat sehingga sangat mudah dikenali.

1001 Kandungan Sirsak

Buah sirsak terdiri dari 67,5 persen daging buah, 20 persen kulit buah, 8,5 persen biji buah, dan 4 persen inti buah. Selain banyak mengandung air, sirsak juga mengandung karbohidrat, diantaranya glukosa dan fruktosa dengan kadar 81,9 – 93,6 persen. Rasa kecut (asam) sirsak berasal dari asam organik non volatil, yaitu asam malat, asam sitrat dan asam isositrat yang baik untuk kesehatan.

Ada lagi yang lebih menggembirakan wanita atau bagi mereka yang berdiet, pasalnya sirsak mengandung sedikit lemak. Dalam 100 gr sirsak hanya terkandung 0,3 gr lemak, sehingga baik untuk berdiet.

Dalam 100 gr daging buah sirsak mengandung sekitar 20 mg vitamin C. Tubuh kita membutuhkan kurang lebih 60 mg vitamin C perhari, dan untuk memenuhi kebutuhan itu kita bisa mengkonsumsi sekitar 300 gr buah sirsak. Antioksidan yang terkandung pun mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlambat proses penuaan dini.

Kandungan mineral dalam sirsak meliputi fosfor dan kalsium, keduanya sangat baik untuk pembentukan dan perbaikan tulang sehingga menghambat pengeroposan tulang (osteoporosis). Dalam 100 gr sirsak terkandung sekitar 27mg fosfor dan 14 mg kalsium, yang baik untuk tulang.

Sirsak mampu mengatasi hipertensi. Kadar natrium yang rendah, sekitar 14 mg/ 100gr dan memiliki kadar kalium yang tinggi yaitu 278/100gr, baik untuk mencegah dan penyakit hipertensi.

Untungnya makan sirsak

Konsumsi 100 gr sirsak dapat memenuhi 13 persen kebutuhan serat pangan sehari. Buah sirsak merupakan buah yang kaya akan senyawa fitokimia, sehingga dapat dipastikan bahwa buah tersebut sangat banyak manfaatnya  bagi kesehatan.

Jus sirsak sangat baik untuk pencernaan, selain dapat meningkatkan selera makan, sari buah ini juga dapat mengobati sakit pinggang, wasir, batu empedu dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh.  (pipit)

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?34499

Untuk melihat Berita Indonesia / Kesehatan lainnya, Klik disini

Klik disini untuk Forum Tanya Jawab

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

____________________________________________________

Supported by :