Dunia online kembali ramai dengan berita adanya penjualan kaos Garuda Pancasila oleh Armani Exchange (A|X), salah satu produk milik Giorgio Armani. Kaos yang ditujukan untuk para pria bergambarkan burung Garuda Pancasila.

Kaos yang dijual dengan nama Studded Eagle T-shirt terlihat jelas menggunakan gambar Garuda Pancasila. Simbol-simbol yang terdapat pada dada burung juga melambangkan simbol lima sila Pancasila, namun dua simbol Pancasila yakni Kepala Banteng dan Pohon Beringin diganti dengan tulisan A|X yang menjadi ciri khas Armani. Sekilas simbol Rantai dan Padi-Kapas masih terlihat. Lambang Bintang juga bertengger dengan jelas di dada buru. Jelas sudah ini merupakan gambar Garuda Pancasila yang dimodifikasi.

Kaos tersebut dijual dengan harga 29 dollar AS yang telah didiskon dari harga aslinya, 42 dollar AS. Hal ini menimbulkan aneka reaksi pada kalangan pengguna internet. Pasalnya menurut dalam undang-undang memang ada peraturan mengenai larangan penggunaan lambang negara tidak pada tempatnya.

Setelah dicari, kaos ini tidak dijual di gerai-gerai Armani Indonesia dan sampai saat ini pihak Armani belum mengklarifikasi perihal kaos. Kemungkinan besar model kaos ini hanya dijual secara online. Namun setelah salah satu situs jejaring sosial yaitu Twitter meributkan hal ini, tiba-tiba barang tersebut hilang dari situs seakan-akan hilang dari katalog. Disinyalir Armani telah mencium hal ini sehingga memutuskan untuk menarik produk mereka sebelum melebar menjadi kasus.

A|X Armani Exchange sendiri diluncurkan pada tahun 1991 di Amerika dan telah menjadi salah satu merek fashion terkemuka dunia. A|X telah memiliki 140 gerai di seluruh dunia, seperti di Brasil, Inggris, Meksiko, Korea, Jepang, dan Indonesia.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?34423

Untuk melihat Berita Indonesia / Jakarta lainnya, Klik disini

Klik disini untuk Forum Tanya Jawab

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :