Belum dua tahun rilis, buku elektronik atau biasa disebut e-book (electronic book) ini sudah meraup banyak penggemar. Bagi orang yang gemar membaca tapi butuh sesuatu yang simpel, kindle memang cocok buat mereka. Nggak perlu memenuhi tas dengan setumpuk buku favorit tapi cukup membawa kindle, urusan pengen baca buku, beres! Dimana saja dan kapan saja, tinggal buka, klik, langsung baca.

Kindle versi pertama mulai dipasarkan di Amerika pada tanggal 19 November 2007. Anak perusahaan e-store Amazonlah yang menghasilkan _kindle ini. Tak heran pemasarannyapun hanya lewat Amazon.com. Karena mendapat sambutan yang menggembirakan, maka sekarang ini sudah tiga versi kindle yang diluncurkan. Selain versi pertama, muncul yang terbaru, Kindle 2 dan Kindle DX. Yang terakhir disebut ini sudah teraplikasi di dalam iPhone.

Sejauh ini, kindle belum dipasarkan keluar Amerika Serikat. Amazon pun hanya menerima pembayaran dengan kartu kredit dari bank-bank di Amerika. Tapi bukan berarti pihak Amazon tak memikirkan para kutu buku di luar Amerika yang siap mencoba kindle ini, karena mereka melansir berita bahwa semoga beberapa tahun ke depan kindle ini bisa dinikmati dan dibeli oleh siapa saja. Bukan hanya penduduk Amerika tapi juga penduduk Eropa dan Asia.

Saat ditawarkan pertama kali, hanya dalam 5 jam saja, laris manis tak bersisa. Dan pembeli yang antri memesan pun mesti menunggu beberapa bulan. Padahal untuk ukuran e-book, kindle yang dipasarkan dengan harga $399 dinilai cukup mahal bagi sebagian orang. Sebagian lagi mengatakan cukup worth it.

Dengan menenteng benda berlayar 6 inch diagonal, yang dapat memuat 200 judul buku non-ilustrasi, dilengkapi SD memory card, menurut mereka lebih baik daripada menenteng beberapa buku sekaligus. Sangat praktis.

Stephen King, si raja novel horor itu juga menyukai kindle. Tak tanggung-tanggung, dia segera memasarkan salah satu buku hasil karyanya, melalu kindle tanpa menerbitkan versi cetaknya. “Saya percaya, kindle bukan sekedar tren dan sekedar proyek uji coba, karena itulah saya tak takut buku saya hancur di pasaran gara-gara hanya dipasarkan lewat e-book saja,” ucapnya yakin. Nyatanya, memang terbukti. Meski sedikit lebih rendah penjualannya, tapi tetap lancar terjual.

Beberapa saran yang berhubungan dengan rilis kindle pertama ditanggapi oleh pihak amazon. Mereka memperbarui versi terbarunya, antara lain memperbesar level grayscale display -nya, internal memori serta muatan jumlah bukunya menjadi 3500 judul non-ilustrasi buku. Para pengguna dapat membeli bukunya dari Amazon Kindle store. Sampai saat ini sudah ada lebih dari 300.000-an buku yang bisa dibeli dan di download lewat Amazon.com.

Kita juga bisa berlangganan surat kabar atau majalah dengan biaya sekitar $6 sampai $15 per bulan. Selain itu juga bisa memutar lagu favorit dari file MP3 yang tersedia di dalamnya. Dengan kindle, kita juga dapat mengakses situs wikipedia. Teks dalam format PDF juga dapat ditampilkan dalam ukuran lebih besar sehingga mata kita nyaman membaca teks.

Satu lagi, berita yang mengasyikkan bagi para penulis. Bersamaan dengan dirilisnya kindle ini, Amazon mengeluarkan Digital Text Platform, yang merupakan sarana bagi penulis untuk bisa mempublikasikan karyanya langsung lewat kindle. Biaya sekitar $1 sampai $200 per download. Cukup menarik, bukan?

Dengan banyaknya peminat, diperkirakan kindle akan dapat mencapai angka penjualan 3 jutaan dalam beberapa tahun ke depan. Meski bukan satu-satunya perangkat e-book, tapi kindle memiliki pasar sendiri. Dia lebih praktis, mudah dibaca dan ringan serta dilengkapi WiFi.

Kemungkinan harganya pun akan diturunkan. Yang menarik, Kindle sudah dilirik oleh pihak-pihak yang berkecimpung di dunia pendidikan. Mereka menilai kindle dapat digunakan untuk mempermudah para murid atau mahasiswa dalam pencarian buku baru serta dalam menyelesaikan tugas. (riana)

 
 
 
 

Untuk share artikel ini, Klik www.KabariNews.com/?33659

Untuk melihat Berita Amerika / Amerika / PHAT Lainnya, Klik disini

Klik disini untuk Forum Tanya Jawab

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :