Selasa (14/4), Sejumlah pimpinan partai politik dan tokoh masyarakat berkumpul di kediaman Megawati Soekarnoputri, di jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, untuk menyatakan sikap mengenai penyelenggaraan pemilu 2009.

Para tokoh elit partai politik yang hadir di antaranya Wiranto, Gus Dur, Prabowo Subianto, Idham Cholied, Bursah Zarnubi, Ferry B Regar, Rizal Ramli, Yusril Ihza Mahendra, Syahrir Ms, Rusdi Hanafi.

Dar hasil pertemuan tersebut disepakati butir-butir pernyataan sikap  yang berisi:

1. Pelaksanaan pemilu legislatif 9 April 2009 adalah pemilu terburuk sejak reformasi. Pemilu sangat jauh dari pemilu yang jujur, bermatabat, adil dan demokratis. Daftar Pemilih Tetap (DPT) bermasalah telah mengakibatkan jutaan warga negara kehilangan hak konstitusi untuk memilih wakil rakyatnya. Hak memilih adalah hak azazi manusia yang dijamin oleh UUD 1945. Pengabaian terhadap hak memilih berarti melanggar konstitusi.

2. Pelaksanaan pemilu legislatif telah diwarnai banyak kecurangan dan kesalahan-kesalahan administrasi dan substansi yang sistemik, sehingga mengakibatkan buruknya kualitas pemilu. Pemerintah, KPU maupun KPUD telah bersikap tidak netral dalam pelaksanaan pemilu legislatif. Mendesak aparat yang berwenang untuk menindak intervensi perangkat penyelenggara pemilu yang bekerja untuk kepentingan partai politik atau kelompok tertentu.

3. Mendesak KPU, BANWASLU dan Pemerintah menindaklanjuti semua laporan kecurangan pemilu dan menegakkan hukum terhadap penyelenggaraan/kecurangan yang terjadi. KPU menjamin adanya hak konstitusi warga negara untuk memilih, khususnya bagi mereka yang tercabut hak-haknya karena DPT. Karena itu, DPT harus diperbaiki untuk memastikan setiap warga negara memilih hak untuk memilih.

<object width=”425″ height=”344″><param name=”movie” value=”http://www.youtube.com/v/dJSApbpzcxA&hl=en&fs=1″></param><param name=”allowFullScreen” value=”true”></param><param name=”allowscriptaccess” value=”always”></param><embed src=”http://www.youtube.com/v/dJSApbpzcxA&hl=en&fs=1″ type=”application/x-shockwave-flash” allowscriptaccess=”always” allowfullscreen=”true” width=”425″ height=”344″></embed></object>

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?32937

Untuk melihat Berita Indonesia / Jakarta lainnya, Klik disini

Klik disini untuk Forum Tanya Jawab

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Photobucket