Tak terasa sebentar lagi Pemilu 2009 akan diadakan. Tentunya penduduk Indonesia di luar maupun di dalam negeri menunggu-nunggu siapakah calon pemimpin bangsa selanjutnya.

Pemerintah menetapkan hari Kamis, 9 April 2009 sebagai hari libur nasional untuk melakukan pemilu. Ketetapan ini tertuang dalam Keputusan Presiden No. 7 tahun 2009 mengenai Penetapan Hari Pemungutan Suara Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD, dan DPRD Tahun 2009 sebagai Hari Libur Nasional.

Keputusan mengenai hari libur nasional juga berlanjut pada pemilihan lanjutan dan susulan. Pemilihan lanjutan diadakan apabila penyelenggaraan Pemilu tertunda oleh suatu hal, misalnya bencana alam, kerusuhan, atau gangguan lainnya. Sedangkan pemilihan susulan dilakukan ketika kegiatan Pemilu tidak bisa dilaksanakan.

Dengan diliburkan tanggal 9 April otomatis akan menjadi libur panjang karena pada tanggal 10 April adalah hari libur nasional dalam rangka hari Paskah. Diperkirakan akan terjadi lonjakan pemudik dan sepinya keadaan ibukota ketika Pemilu.

TKI Diharapkan Libur

Sedangkan bagi WNI di luar negeri, Pemerintah Indonesia meminta negara-negara yang banyak mempekerjakan TKI seperti Malaysia dan Singapura, memberikan hari libur pada pekerjanya yang asal Indonesia untuk bisa menggunakan hak pilihnya tanggal 9 April nanti.

Sejauh ini pemerintah hanya bisa memberi himbauan dan mengahrap kerja sama pemerintah negar-negara tersebut. Menurut data Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Malaysia, jumlah pemilih tetap di Malaysia sebanyak  418.572 orang. Sedangkan di Singapura 113.478 orang. Sementara  di kota PPLN San Francisco, USA, telah tercatat 1.268 WNI yang masuk daftar pemilih tetap.

Ada sedikit kekuatiran, jika TKI-TKI yang jumlah cukup besar itu seperti di Malaysia dan Singapura tak diberi libur atau kelonggaran, maka kemungkinan presentase keikut sertaan mereka kecil.

Untuk share artikel ini klik www.KabariNews.com/?32874

Untuk melihat Berita Indonesia / Jakarta lainnya, Klik disini

Klik disini untuk Forum Tanya Jawab

Mohon beri nilai dan komentar di bawah artikel ini

______________________________________________________

Supported by :

Photobucket