KabariNews – Pesta kuliner tahunan yang digelar oleh sebuah produsen kecap di Indonesia ini menjadi ajang rekreasi dan kesempatan yang paling ditunggu oleh pecinta kuliner di Jakarta.

Acara yang diberi nama Festival Jajanan Bango ini rutin diadakan setiap tahun oleh salah satu produsen kecap di Indonesia, tema kali ini mengangkat tentang Nostalgia Kuliner.

Hal yang sangat menarik di acara ini adalah, kita dapat menjumpai dan menikmati berbagai macam makanan khas dari daerah di Indonesia. Mulai dari Ketoprak khas Jakarta, Nasi Gudeg khas Yogyakarta, Kupat Tahu khas Bandung, Soto Udang dari Medan, Tutug Oncom dari Bogor, Coto Makasar, Rawon Nguling khas Surabaya dan masih banyak lagi. Semuanya tumplek jadi satu di festival jajanan ini

Selain itu, ada juga masakan 80 Ekor Kambing Guling yang disediakan pihak panitia. Kuliner yang satu ini membuat Museum Rekor Indonesia (MURI) mencatatnya dalam buku rekor Indonesia sebagai masakan Kambing Guling terbanyak.

Acara yang diadakan selama dua hari, Jum’at dan Sabtu pada tanggal 8-9 Agustus 2008 di Senayan ini, membuat para pemilik stand makanan kerepotan, karena pengunjung yang hadir sangat banyak dan jumlah makanan yang mereka sediakan selalu habis terjual karena harganya lumayan terjangkau kantong.

Salah satunya stand makanan yang bernama Pondok Sate Pejompongan, menurut penuturan Aji “Stand saya sudah menghabiskan 2000 tusuk sate ayam dan sate kambing, serta sudah menghabiskan 250 lontong mulai pukul 16.00 WIB sampai dengan pukul 19.00, itu untuk setengah hari saja, satu porsi Rp 15.000.” ujarnya.

Para pengunjung terus berdatangan membeli berbagai macam makanan, selesai dengan makanan yang satu, mereka langsung berburu makanan yang lainnya, bahkan mereka juga menjadikannya oleh-oleh untuk dibawa pulang.