Bukan sesuatu yang aneh jika di San Francisco banyak ditemukan non Indonesian artist. Salah satunya adalah Gamelan Bamboo Bali. Anggotanya tidak banyak, cuma 3 orang bule. Siapakah saja mereka ?

Samuel Wantman bisa dibilang sebagai pendiri group ini. Bermula dari bermain gamelan Jawa di Vermont tahun 1978. Tahun 1988, Samuel mendalami gamelan gong, rindik dan joged di Bali. Kemudian ia hijrah ke San Francisco di pertengahan tahun 1989 dan bergabung dengan Gamelan Sekar Jaya, bahkan sempat menjabat 2 tahun jadi presiden group besar ini.

Michael Streadman, Bachelor of Music degree in Music Theory from the Eastman School of Music, mendalami dan mengajar gamelan Bali di New York sejak tahun 1991. Bertemu degan Samuel ketika pindah ke San Francisco ditahun 1994. Sempat 5 tahun bergabung dengan Gamelan Sekar Jaya dan melakukan tour show ke Bali.

Ken Worthy, jatuh cinta terhadap gamelan Bali dan belajar di Gamelan Sekar Jaya dibawah asuhan master I Nyoman Windha. Saking cintanya, Ken memutuskan untuk hidup dan belajar di Bali selama 3 tahun dengan seorang seniman suling disana, Igusti Putu Oka.

Berkali-kali ia ikut tampil di desa-desa di Bali bersama grup yang cukup terkenal seperti Gamelan Semara Ratih.

Di Bay Area sendiri mereka sudah sering pentas, diantaranya di Saks Fifth Avenue, Gumps, Living Green, Jameson Whyte Gallery, Gecko Gecko, WorldArts West, SF Asian Art Museum, Arts of Pacific Asia dan masih banyak lagi.

Anggota yang cuma tiga orang dengan peralatan yang ringkas, memudahkan mereka tampil di acara apapun. Gamelan ini tidak sekeras gamelan brass. Jadi,cocok untuk acara-acara yang rileks, cozy ataupun hanya sebagai background sound. Ratenya pun cukup sangatlah reasonable.Untuk mengubungi mereka dan info lebih lanjut silakan lihat dihttp://www.sftsunami.org/bamboobali/music.shtml atau bamboobali@earthlink.net (Amron-Paul Yuwono)

Untuk Share Artikel ini, Silakan Klik www.KabariNews.com/?31180

Klik Disini untuk Baca Artikel ini di Majalah Kabari April 2008 ( E-Magazine )

Mohon Beri Nilai dan Komentar di bawah Artikel ini

_____________________________________________________

Supported by :

Intero Real Estat

Lebih dari 1 juta rumah di Amerika

Klik www.InteroSF.com          Email :  Info@InteroSF.com

Telp. 1-800 281 6175